Image

Sudah Setengah Abad, Jokowi Dorong ASEAN Lebih Bermanfaat Bagi Dunia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 15:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 13 18 1813163 sudah-setengah-abad-jokowi-dorong-asean-lebih-bermanfaat-bagi-dunia-Tkdd3COUlt.jpeg Presiden RI Joko Widodo dan para kepala negara ASEAN pada KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina, 13 November 2017.

MANILA – Di usianya yang telah mencapai 50 tahun, ASEAN dinilai telah mampu menciptakan ekosistem stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan di Asia Tenggara. Hal itu disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada pembukaan KTT ke-31 ASEAN di Manila, Filipina.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-31 ASEAN

“Namun kita tidak boleh puas dengan capaian ini. Tantangan kita ke depan tetap sangatlah berat. Kita harus mampu menjadikan ASEAN sebuah asosiasi yang tidak saja dihormati masyarakatnya namun juga dihormati dunia,” tutur Presiden Jokowi seperti dilansir dalam keterangan pers, Senin (13/11/2017).

Presiden mengatakan, untuk mengimbangi laju pertumbuhan ASEAN yang semakin cepat dan relevan dengan perkembangan dunia, diperlukan sebuah collective leadership yang kuat dengan tanggung jawab yang tinggi.

 “Mari bersama kita jadikan ASEAN sebuah asosiasi yang kokoh dan bermanfaat bagi rakyatnya dan bermanfaat bagi dunia,” ujar Presiden.

KTT ke-31 ASEAN digelar di Philippines International Convention Center, Manila Filipina pada 13-14 November. Beberapa menteri turut menemani presiden pada KTT ASEAN kali ini, termasuk Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Kepala BKPM Thomas Lembong.

BACA JUGA: Jelang KTT ASEAN di Manila, Menlu Retno Imbau Negara Asia Tenggara Dapat Lindungi Rakyatnya

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengikuti setidaknya 11 kegiatan pada pelaksanaan KTT ASEAN kali ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini