nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Jelas Kabarnya, Grace Mugabe Dilaporkan Ditahan di Markas Militer Rahasia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 13:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 21 18 1817744 tidak-jelas-kabarnya-grace-mugabe-dilaporkan-ditahan-di-markas-militer-rahasia-mhety4SOLV.jpg Ibu Negara Zimbabwe, Grace Mugabe. (Foto: Reuters)

HARARE – Meski suaminya, Presiden Robert Mugabe, telah ditahan sejak militer mengambil alih kekuasaan di Zimbabwe, keberadaan Ibu Negara Grace Mugabe masih belum diketahui. Dia dikabarkan telah melarikan diri ke negara tetangga, Namibia tetapi laporan lain menyebutkan bahwa dia masih hidup bersama dengan suaminya.

BACA JUGA: Pasca-Muncul Isu Kudeta, Presiden Afsel: Mugabe Dikurung di Rumah dan Istrinya Melarikan diri ke Namibia

Laporan yang muncul baru-baru ini menyatakan bahwa Grace Mugabe telah ditahan di salah satu markas militer rahasia yang tersebar di seluruh negeri. Markas militer tersebut adalah pusat penyiksaan yang dibangun oleh Mugabe untuk mendukung aktivitas keamanan negaranya dalam kegiatan ‘melenyapkan’ orang-orang yang dianggap menentangnya.

Daily Mail, Selasa (21/11/2017) mewartakan, Grace yang menikah dengan Robert Mugabe pada 1996 itu dipindahkan setiap dua hari guna mencegah isu mengenai tempat penahanannya menyebar. Langkah itu juga dimaksudkan agar para loyalis Mugabe tidak berusaha membebaskannya, sekaligus memastikan dia tidak menjadi pemimpin bagi para pendukung sang presiden.

"Dia memberi pengaruh buruk pada Mugabe saat dia berkuasa, dan memberi pengaruh buruk padanya saat kami mencoba menegosiasikan kesepakatan dengannya agar dia mengundurkan diri," kata salah seorang pejabat militer Zimbabwe kepada Daily Mail.

"Dia dibawa pergi untuk mencegah loyalis berkolusi dan berkomplot, dan untuk mengisolasi suaminya lebih jauh. Sebaiknya dia disingkirkan dan dilupakan untuk saat ini. Kami akan memutuskan apa yang harus dilakukan dengannya nanti. Dia adalah seorang wanita yang sangat kaya dan pada suatu saat kami ingin mengetahui semua tentang bagaimana dia menghasilkan uang itu," tambah pejabat yang namanya tidak disebutkan itu.

Masih belum jelas apakah nantinya Grace Mugabe akan dituntut secara hukum. Diketahui, Mugabe telah meminta jaminan atas keselamatan keluarganya dalam negosiasi dengan militer. Presiden berusia 93 tahun itu berusaha menjamin keselamatan Grace dan dua putranya, Chatunga dan Robert Jr. yang saat ini berada di Afrika Selatan.

BACA JUGA: Mengenal Mugabe, Tokoh yang Berkuasa Lebih Lama dari Soeharto

Gaya hidup mewah dan tingkah lakunya membuat Grace Mugabe memiliki reputasi buruk dan tidak disukai oleh rakyat Zimbabwe. Dia menghabiskan uang hingga jutaan dolar untuk berbelanja dan mengadakan pesta sementara rakyat Zimbabwe menderita kemiskinan karena ekonomi negara yang morat-marit.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini