Share

Tambang Emas Zimbabwe Ambruk, 2 Tewas, Sedikitnya 20 Lainnya Terperangkap

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 07 Februari 2020 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 18 2164771 tambang-emas-zimbabwe-ambruk-2-tewas-sedikitnya-20-lainnya-terperangkap-to0dMMxKRB.jpg Ilustrasi.

HARARE - Dua penambang ilegal Zimbabwe tewas dan satu lainnya cedera setelah tambang emas tempat mereka bekerja ambruk. Insiden itu dilaporkan badan manajemen bencana Zimbabwe pada Kamis, 6 Februari 2020, sementara tim penyelamat mencari lebih banyak penambang yang belum ditemukan.

Ketua Unit Perlindungan Sipil Zimbabwe (CPU) Distrik Kwekwe, Fortune Mupungu mengatakan sejauh ini tim penyelamat telah menemukan dua mayat penambang.

โ€œOperasi penyelamatan telah berlangsung dan kami belum mengidentifikasi penambang lain lagi. Ini adalah penambang ilegal yang beroperasi pada malam hari, jadi kami tidak dapat memastikan berapa jumlahnya,โ€ kata Mupungu sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (7/2/2020).

Surat kabar milik pemerintah, Herald, melaporkan sedikitnya 20 penambang masih terperangkap di dalam tambang yang ambruk, tetapi Mupungu tidak dapat mengonfirmasi laporan tersebut.

Herald melaporkan, para penambang ilegal masuk lorong di tambang emas Globe and Phoenix pada Rabu malam, 5 Februari 2020, tetapi tidak muncul kembali pada Kamis pagi, keesokan harinya.

Insiden ini kembali menyoroti risiko yang diambil para penambang emas ilegal di Zimbabwe, dan terjadi hanya setahun setelah sedikitnya 22 penambang meninggal di dekat daerah itu.

Kwekwe dan daerah-daerah sekitarnya kaya akan simpanan emas dan populer di kalangan penambang rakyat, yang dikenal secara lokal sebagai "Makorokoza" atau penipu. Para penambang ini bekerja di lorong-lorong yang tidak aman menggunakan pacul dan sekop, serta pompa air bertenaga generator.

Dalam sebulan terakhir polisi telah menangkap ratusan penambang ilegal yang terlibat dalam perang wilayah untuk memperebutkan klaim pertambangan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini