Image

Anggaran Naik 12 Kali Lipat, Anggota TGUPP Bakal Dibekali Surat Pengangkatan dan SK Tugas

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 22 November 2017, 09:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 22 338 1818349 anggaran-naik-12-kali-lipat-anggota-tgupp-bakal-dibekali-surat-pengangkatan-dan-sk-tugas-emYmG84sST.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin memfungsikan tim gubernur untuk percepatan pembangunan (TGUPP) secara maksimal. Sebab, bukan main-main, anggaran yang dialokasikan untuk TGUPP naik 12 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, prinsip kerja TGUPP didasarkan pada tata kelola pemerintahan yang baik. Menurutnya, prinsip tata kelola yang baik itu bukan hanya sekadar sumber pendanaan semata.

"Tetapi tupoksinya harus jelas. Jadi dengan kita menyusun TGUPP ini maka semua orang yang diangkat memiliki surat pengangkatan. Ada pengangkatannya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2017).

(Baca Juga: Anggaran Tim Gubernur Naik 12 Kali Lipat, Apa Saja Sih Kerjaannya?)

Menurut dia, konsekuensi logis dari adanya surat pengangkatan anggota TGUPP itu berupa pemberian fasilitas, gaji, dan lain-lain, yang kesemuanya bersumber pada APBD. "Tapi dengan surat pengangkatan, maka ada tugas pokoknya jelas, fungsinya jelas, pertanggung jawabannya juga jelas," ujarnya.

Dengan adanya surat pengangkatan anggota TGUPP, maka itu dapat mencegah terjadinya praktik-praktik yang tidak sesuai dengan prinsip clean and good government.

"Ketika kita berbicara tentang sebuah tim, sebuah gugus tugas, maka bukan sekadar dari mana dananya, tapi ada SK nya tidak. Ada surat pengangkatannya tidak. Individu-individu yang bekerja di sekitar gubernur itu diangkat dengan surat keputusan," tutur Mantan Mendikbud itu.

"Lain dengan saya, kalau mengangkat orang di keluarga. Kalau di rumah saya boleh ambil siapa saja bantu saya. Kenapa? Di rumah saya, saya sebagai kepala keluarga. Tapi kalau di pemerintahan semuanya diangkat dengan surat keputusan, ada surat penugasan," sambung Anies.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengalokasikan Rp28,99 miliar dari RAPBD 2018 bagi tim gubernur untuk percepatan pembangunan (TGUPP). Jumlah ini naik 12 kali lipat dari anggaran 2017 yang hanya Rp2,35 miliar.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini