nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Robert Mugabe Tak Kuasa Membendung Air Mata saat Bersedia Lengser

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 18:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 26 18 1820862 terungkap-robert-mugabe-tak-kuasa-membendung-air-mata-saat-bersedia-lengser-8p7WVTIyGh.jpg Mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. (Foto: Reuters)

HARARE - Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dilaporkan menangis saat ia diminta untuk lengser dari jabatannya pada pekan lalu. Sebagaimana diketahui, pria berusia 93 tahun itu diminta mundur sebagai presiden dengan mendapatkan tekanan dari militer dan partainya sendiri.

Mugabe disebut-sebut menangis karena meratapi pengkhianatan yang dilakukan oleh orang-orang kepercayaannya. Surat kabar Standard yang mengutip sumber-sumber di dalam lingkaran terdekat Mugabe, menyebutkan, pria yang berkuasa selama 37 tahun itu sempat melontarkan sindiran terhadap orang-orang yang mengkhianatinya.

BACA JUGA: Dilengserkan, Mugabe Akan Diberikan Jutaan Dolar dan Digaji Seumur Hidup

"Orang adalah bunglon," ujar Mugabe sambil menunduk dan menatap ke bawah sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (26/11/2017).

Di masa-masa terpuruknya ini, Mugabe diketahui didampingi oleh seorang pendeta yakni Mukoroni. Pendeta Mukoroni diketahui memberikan saran dan kekuatan kepada Mugabe. Ia mengatakan bahwa tak ada salahnya untuk melihat orang lain memimpin negeri ini (Zimbabwe).

Surat kabar Standard yang menguak detik-detik situasi jatuhnya Mugabe diketahui telah mengkritik pria otoriter itu dan pemerintahannya selama bertahun-tahun. Surat kabar ini juga sempat mendesak Emmerson Mnangagwa untuk mau berbicara terus terang tentang korupsi yang diduga dilakukan Mugabe.

BACA JUGA: Di Hadapan 10 Ribu Orang, Emmerson Mnangagwa Bacakan Sumpah sebagai Presiden Zimbabwe

Sementara itu, sang presiden baru Zimbabwe dalam pelantikannya menyampaikan bahwa ia akan senantiasa menghargai demokrasi, toleransi, peraturan hukum dan akan menangani korupsi. Meski berperan dalam pelengseran Mugabe, Mnangagwa tetap menghargai pria yang telah berjuang untuk kemerdekaan Zimbabwe itu.

Mugabe akan diberi gelar sebagai pahlawan Zimbabwe atas perjuangannya meraih kemerdekaan di masa lalu. Ia dan istrinya, Grace juga akan menerima pembayaran dalam jumlah besar yang bernilai jutaan dolar sebagai bagian dari kesepakatan yang dinegosiasikan sebelum pengunduran dirinya pekan lalu.

BACA JUGA: Mantan Menkeu Zimbabwe Diadili atas Tuduhan Korupsi dan Penyalahgunaan Kekuasaan

Jumlah pasti yang akan dibayarkan kepada Mugabe itu masih belum diketahui secara jelas, meski salah satu pejabat yang mengetahui secara langsung perjanjian tersebut mengatakan jumlahnya tak kurang dari USD10 juta. Mugabe juga masih akan menerima gajinya sebagai presiden sebesar USD150 ribu yang akan dibayarkan sampai dia meninggal.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini