nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PVMBG Prediksi Gunung Agung Meletus Secara Effusif Selama Satu Bulan

Nurul Hikmah, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 26 340 1820767 pvmbg-prediksi-gunung-agung-meletus-secara-effusif-selama-satu-bulan-5sRpuDzohG.jpg Gunung Agung Meletus (Foto: Okezone)

KARANGASEM - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi memprediksi Gunung Agung akan meletus secara effusif (lemah) selama satu bulan. Hal itu mengacu pada letusan Gunung Agung pada tahun 1963.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika, di Pos Pantau Gunung Agung Rendang, Karangasem, Minggu (26/11/2017).

"Bila mengacu pada tahun 1963 letusan efusif ini terjadi selama satu bulan. Sebelum ada letusan besar yang terjadi,"ungkapnya.

Dia menjelaskan, jika letusan effusif itu yang terjadi Gunung Agung baru mengeluarkan lava. "Lavanya masih turun mengitari mata rantai kawah. Ketika sudah penuh dia akan meluber,"paparnya.

Dia menjelaskan, pasca letusan effusif biasanya diikuti letusan ekspolisif (letusan lebih besar). Dia menengaskan, semua kemungkinan masih terjadi termasuk letusan lebih besar atau letusan eksplosif . "Ketika ada panas bebatuan hancur kemudian itu hancur begitu lava sudah keluar langsung meleduk,"jelasnya.

Sampai saat ini Gunung Agung terus aktif, berdasarkan data KESDM, Badan Geologi, PVMBG

Pos Pengamatan Gunungapi Agung pada pukul 06.00 hingga 12.00 Wita terlihat asa asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 1500-2500 meter di atas puncak kawah.

Dan kegempaan yang terjadi ada gempa Vulkanik Dangkal sebanyak dua kali, dan

gempa Vulkanik Dalam ada dua kali.

Dan terekam Tremor Menerus (Microtremor) dengan amplitudo 1-3 mm.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini