Kapolresta Sidoarjo: Kabar Tanggul Lumpur Lapindo Jebol Hoax!

Pramono Putra, Sindo TV · Selasa 28 November 2017 04:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 28 519 1821690 kapolresta-sidoarjo-kabar-tanggul-lumpur-lapindo-jebol-hoax-gq3u0N6Lhp.jpg Kapolresta Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji saat mengecek lokasi banjir (Foto: Pramono Putra)

SIDOARJO - Banyaknya informasi di media sosial terkait jebolnya tanggul lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo yang menyebabkan banjir di kawasan Jalan Raya Porong Dibantah Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Didampingi sejumlah pejabat utama di jajaran Polresta Sidoarjo, Kombes Himawan Bayu Aji yang datang langsung ke lokasi banjir di Jalan Raya Porong Senin 27 November 2017 sore menegaskan, banjir yang terjadi di kawasan Jalan Raya Porong murni akibat meluapnya Kali Ketapang di wilayah Tanggulangin Sidoarjo yang mengarah ke kawasan Jalan Raya Porong dan menggenangi rel kereta api di sekitar tanggul lumpur Lapindo.

Menurut perwira asal Jakarta ini, informasi adanya tanggul jebol itu hanya berita hoax yang tidak jelas sumber beritanya. Untuk itu, Himawan Bayu Aji meminta kepada masyarakat untuk tidak langsung percaya terhadap berita hoax yang bisa meresahkan masyarakat.

Sementara itu, terkait Jalan Raya Porong yang banjir akibat luapan Kali Ketapang dan tidak lancarnya saluran air di wilayah Porong, aparat kepolisian telah melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan mengalihkan seluruh kendaraan melalui jalan arteri Porong.

Selain itu, sejumlah jalur alternatif juga telah disiapkan, di antaranya melalui kawasan Krembung, atau kawasan Prambon yang bisa tembus ke kawasan jalanan Pasuruan untuk kemudian mengarah ke arah Malang atau Pasuruan.

"Berita dan Informasi tanggul lumpur jebol di Porong itu tidak benar. Informasi itu hanya info hoax yang bisa meresahkan masyarakat," tegasnya.

"Saya sudah cek di lapangan, dan tidak ada tanggul jebol di kawasan Porong," imbuhnya.

Pihak Pemkab Sidoarjo melalui dinas terkait, katanya, telah melakukan upaya penyedotan dan pengaliran air ke arah sungai dengan menggunakan sejumlah mesin pompa air yang disiagakan di lokasi banjir yang merendam Jalan Raya Porong dan rel kereta api di sepanjang lokasi semburan lumpur Lapindo.

Banjir di sepanjang Jalan Raya Porong ini biasa terjadi saat curah hujan tinggi. Karena selain kondisi jalan yang rendah, juga akibat tidak lancarnya saluran drainase di sekitar lokasi banjir.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini