Image

JK: Pengakuan AS soal Yerusalem Panaskan Politik di Banyak Negara

Reni Lestari, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 12:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 18 1826607 jk-pengakuan-as-soal-yerusalem-panaskan-politik-di-banyak-negara-4vsp4vdjaN.jpg Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat membuka Bali Democracy Forum X di ICE BSD City, Serpong, Tangerang Selatan (Foto: Portal Kemlu RI/Twitter)

SERPONG - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai, keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tak hanya mempengaruhi situasi politik di Timur Tengah. Keputusan tersebut juga akan berpengaruh terhadap situasi di negara-negara berpenduduk Muslim.

"Pasti (memanaskan situasi politik), bukan hanya kawasan Timur Tengah yang memanas. Di negara lain seperti di negeri kita bisa saja macam-macam lagi demo, kedutaan AS, atau negara lain akan terjadi dan itu sudah diperingatkan," kata JK usai membuka Bali Democracy Forum X di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (7/12/2017).

JK mengatakan isu tersebut besar kemungkinan akan menjadi bahasan dalam Bali Democracy Forum ke-10 yang berlangsung hari ini dan besok. Ia mengatakan, isu ini erat kaitannya dengan demokrasi sehingga menjadi salah satu perhatian.

"Ya tentu itu bagian dari demokrasi sendiri," lanjut dia.

JK sebelumnya menegaskan bahwa dalam persoalan ini, Pemerintah Indonesia berada di pihak Palestina. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam sambutannya di forum ini juga menegaskan hal yang sama. Bahkan Retno sengaja menggunakan syal berlambangkan bendera Palestina untuk menegaskan sikap politik luar negeri Indonesia.

"Saya berdiri di sini menggunakan syal Palestina untuk menegaskan komitmen kuat Indonesia untuk selalu bersama dengan masyarakat Palestina," ujar Retno.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini