Image

Puji BDF X, Ini Pesan Presiden Nauru untuk Demokrasi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 14:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 18 1826682 puji-bdf-x-ini-pesan-presiden-nauru-untuk-demokrasi-P6c7jn6S3h.jpeg Presiden Nauru, Baron Divavesi Waqa (Foto: Rahman Asmardika/Okezone)

SERPONG - Presiden Nauru, Baron Divavesi Waqa, memuji inisiatif Indonesia dalam mempromosikan demokrasi di dunia dengan menyelenggarakan Bali Democracy Forum (BDF). Dia mengatakan, penyelenggaraan BDF yang telah memasuki tahun ke-10 menjadi bukti kesuksesan inisiatif yang dimulai pertama kali pada 2008 itu.

Dalam pidatonya di depan ratusan delegasi dan peserta BDF X di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), mantan Menteri Pendidikan Nauru itu menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai dasar demokrasi terutama di tengah ancaman yang dihadapi saat ini.

"Kita melihat ancaman yang semkin banyak terhadap demokrasi, bahkan di negara-negara yang telah lama menerapkan demokrasi. Terkadang ancaman tersebut tertanam dalam perasaan tidak puas dan keterasingan," kata Baron Waqa, Kamis (7/12/2017).

"Agar dapat berkembang, demokrasi harus berhasil, dan kita tahu demokrasi bisa berhasil," tambahnya.

Presiden berusia 57 tahun itu mengatakan keberhasilan demokrasi memerlukan keselarasaan antara kesejahteraan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, dan institusi politik yang stabil dengan dunia global yang terus berubah dan sulit diprediksi.

Dalam pernyataan terpisah, Baron Waqa juga menyampaikan pesan agar BDF dapat terus menghormati demokrasi dan menjadikannya dasar untuk membangun kehidupan bersama yang harmonis.

"Hal terpenting adalah untuk menghormati demokrasi," ujarnya.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini