Image

Jual Perangkat Uji HIV dan Malaria Hasil Bantuan, 6 Orang Ditangkap di Zambia

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 18 1826797 jual-perangkat-uji-hiv-dan-malaria-hasil-bantuan-6-orang-ditangkap-di-zambia-MmbUzhRchM.jpg Ilustrasi

ZAMBIA - Enam orang, termasuk dua pemilik farmasi, ditangkap di Zambia atas tuduhan penjualan tidak resmi perangkat uji HIV dan malaria. Perbuatan enam orang itu dianggap sebagai kejahatan internasional karena yang dijual merupakan bantuan dari luar negeri.

Sejumlah alat uji disediakan bagi negara berkembang, seperti, Zambia, untuk dibagikan secara cuma-cuma. Penyedianya merupakan Badan Pemeriksa (OIG) Badan Pembangunan Internasional (USAID).

"Kami berkoordinasi erat dengan mitra internasional untuk menggagalkan oknum yang memanfaatkan rantai pasokan kesehatan dunia, yang didukung pemerintah," kata Jonathan Schofield, agen khusus OIG, yang bertanggung jawab atas penyelidikan kesehatan dunia.

"Penyelidikan terakhir kami dengan mitra di Kedutaan Besar AS di Zambia dan Pasukan Tugas Nasional Zambia telah menghentikan aksi beberapa pelanggar yang memanfaatkan bantuan internasional untuk meraup keuntungan pribadi," katanya dalam pernyataan.

Keenam orang tersebut ditangkap di Zambia pekan lalu atas kecurigaan menjual peralatan kesehatan secara tidak sah di ibu kota Lusaka. Selama penyelidikan lima bulan, para peneliti mengunjungi apotek di Lusaka dan menemukan perlengkapan yang telah disediakan oleh pemerintah AS dan Dana Dunia untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria, sebuah kemitraan swasta umum.

"Keenam orang yang ditangkap tersebut menjadi sasaran utama penyelidikan dan tetap berada dipenjara," katanya.

"Penyelidikan OIG sebelumnya mengungkap penjualan tidak resmi obat antimalaria di Guinea dan Malawi," tambahnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini