Image

Khawatir akan Rudal Korut, Singapura Ubah Beberapa Penerbangan

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 05:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 08 18 1827094 khawatir-akan-rudal-korut-singapura-ubah-beberapa-penerbangan-1CUcEnEW3k.jpg Foto: The Straits Times

SINGAPURA - Salah satu maskapai penerbangan Singapura telah mengambil tindakan dengan melakukan beberapa perubahan penerbangan untuk menanggapi uji coba rudal Korea Utara (Korut). Perubahan tersebut melibatkan penerbangan Seoul-Los Angeles dan diberlakukan setelah peluncuran rudal Pyongyang pada 27 Juli ke Laut Jepang.

Berita tentang perubahan penerbangan salah satu maskapai di Singapura tersebut mengikuti keputuhan salah satu maskapai penerbangan asal Hong Kong yang melihat rudal Korut meledak di Laut Jepang pada minggu lalu.

BACA JUGA: Korut Klaim Rudal Balistik Barunya Mampu Menjangkau Seluruh Daratan AS

Dilansir dari Asia One, Jumat (8/12/2017), kala itu maskapai penerbangan tersebut melakukan perjalanan ke Hong Kong dari San Francisco. Salah satu awak pesawat dilaporkan melihat rudal tersebut saat pesawat tersebut melewati Jepang dan memperingatkan kontrol lalu lintas udara negara tersebut.

Korut telah menerima kritik global atas peluncuran rudal balistik antarbenuanya tersebut. Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pada Oktober mengecam negara komunis tersebut karena peluncurannya yang berulang tersebut sangat membahayakan keamanan penerbangan sipil internasional.

BACA JUGA: Pink Lady Korut Kembali Curi Perhatian Saat Peluncuran Rudal Balistik

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Korut mengujicobakan rudal antarbenua terbarunya pada Rabu 29 November dini hari waktu setempat. Lokasi peluncuran diketahui berada dari Pyongsong, sebuah wilayah di dekat Ibu Kota Pyongyang. Rudal tersebut terbang melintasi Laut Jepang dan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Negeri Matahari Terbit.

Hal tersebut diperkuat dengan siaran oleh Chun-hee, presenter siaran berita di televisi milik pemerintah Korut. Chun-hee kembali ke hadapan kamera dengan latar belakang Gunung Paektu, sebuah gunung berapi di Korut. Dengan senyum lebar khasnya, Chun-hee mengumumkan kemajuan pesat negaranya.

BACA JUGA: Korut Pamerkan Rudal Hwasong-15, Menlu AS Diisukan Diganti

“Kim Jong-un dengan bangga mengumumkan bahwa sekarang kita akhirnya sudah menyadari pencapaian sejarah besar yakni sebagai negara berkekuatan nuklir, keberhasilan membangun rudal kuat,” ujar Ri Chun-hee dengan mantap.

Peluncuran rudal tersebut sebenarnya sudah dideteksi oleh Jepang sejak Selasa 28 November. Tokyo mampu melacak sinyal radio yang tidak biasa dari Korut. Namun, sinyal tersebut dianggap belum cukup untuk dianggap sebagai pertanda peluncuran rudal.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini