Share

HISTORIPEDIA: Tragedi Sandy Hook, Saat Penembak Gila Renggut 26 Nyawa Siswa dan Guru

Kamis 14 Desember 2017 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 13 18 1830004 historipedia-tragedi-sandy-hook-saat-penembak-gila-renggut-26-nyawa-siswa-dan-guru-hQvo8kxXVP.jpg Penembakan di sekolah dasar di Amerika Serikat pada 2012. (Foto: CNN)

SEBUAH penembakan terjadi di Newtown, Connecticut, dekat Sekolah Dasar Sandy Hook pada 14 Desember 2012. Penembakan ini dilakukan oleh seorang pria yang diduga memiliki kelainan mental. Sebanyak 26 orang tewas dalam insiden berdarah ini, 20 di antaranya adalah siswa dan 6 korban lain merupakan staf sekolah.

Tragedi Sandy Hook menjadi penembakan massal kedua yang mematikan di Amerika Serikat. Insiden yang sama pernah terjadi sebelumnya di Virginia Tech saat seorang penembak membunuh 32 siswa dan guru sebelum bunuh diri.

Penembakan terjadi setelah pukul 09.30 saat Adam Lanza menghantam kaca jendala bangunan di sebelah sekolah dengan peluru. Mendengar ada keributan, kepala sekolah dan guru konseling menyelidiki hal tersebut. Keduanya tewas ditembak oleh Lanza yang dipersenjatai sebuah senapan semi otomatis, dua pistol semi otomatis dan beberapa peluru amunisi.

Tak berhenti di situ, Lanza kemudian masuk ke ruang kelas dua, lalu membunuh 2 pengajar dan 15 siswa dalam satu ruangan. Di ruang kelas lain ia juga membunuh dua guru dan lima siswa. Anak-anak yang dibunuhnya berusia sekira 6-7 tahun.

Saat mengetahui polisi datang untuk menangkapnya, Lanza menembak dirinya sendiri di ruangan kelas sekira pukul 09.40.

Setelah diselidiki, polisi mengetahui Lanza telah menembak ibunya yang berusia 52 tahun di rumah mereka sebelum ia mengacau di Sandy Hook. Belakangan diketahui, senjata yang dipakai Lanza adalah milik ibunya yang ia rampas saat mengamuk.

Penyelidik mengklaim Lanza pernah pergi ke Sandy Hook saat masih kecil dan merencanakan penyerangan itu sendiri. Meski begitu, motif di balik penyerangan itu dan mengapa ia mengincar Sandy Hook tidak diketahui.

Pada November 2013, Jaksa Negara Bagian Connecticut merilis sebuah laporan yang mengatakan bahwa Lanza memiliki gangguan mental. Hal itu membuatnya kesulitan hidup normal dan berinteraksi dengan orang lain.

Setelah kejadian penembakan itu, Presiden Barack Obama mengusulkan peraturan baru tentang penggunaan senjata. Tujuan utamanya adalah untuk memeriksa latar belakang para pembeli senjata. Sayangnya hal tersebut tidak disetujui oleh Senat.

Penduduk di Newtown, sebelah barat daya Kota Connecticut, Hartford, yang berjumlah 27 ribu orang sepakat untuk merobohkan Sekolah Sandy Hook. Sekolah tersebut dihancurkan pada musim gugur 2013 dan sebuah sekolah baru dibangun di tempat yang sama. (Griska Laras Widanti/Magang)

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini