nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemuda Yatim Piatu Ini Korbankan Kuliah demi Hidupi 9 Adiknya

Rizka Diputra, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 11:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 18 340 1831985 pemuda-yatim-piatu-ini-korbankan-kuliah-demi-hidupi-9-adiknya-y7pNwpZ3Yk.JPG Muhammad Izhak/Kanan (Foto: Facebook/@Yuni Rusmini)

POLMAN - Muhammad Izhak, seorang pemuda dari Dusun Tojangan, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat mendadak hebohkan jagat maya lewat kisahnya yang mengorbankan kuliah demi menghidupi sembilan orang adiknya. Sulung dari 10 bersaudara itu mau tidak mau berjuang seorang diri lantaran kedua orangtuanya telah meninggal dunia.

Informasi yang diposting akun facebook @Yuni Rusmini menyebutkan, sekitar tiga tahun lalu, Izhak mendapat Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi) untuk berkuliah Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan Teknik Kimia.

Namun, apa hendak dikata baru empat semester ia menuntut ilmu di sana, ia pun memutuskan kembali ke kampung halamannya demi merawat adik-adiknya yang ditinggal pergi kedua orangtua untuk selama-lamanya.

(Baca juga: Diunggah ke Medsos, Surat Warga Jakarta Ini Malah Banjir Cibiran Warganet)

Ibunda Izhak menghadap sang khalik pada pertengahan Februari 2017 silam akibat penyakit tumor derektum. Sedangkan ayahandanya belum genap sebulan lalu mengembuskan nafas terakhir lantaran penyakit Tuberculosis (TBC) yang menggerogotinya. Izhak memiliki adik yang masih duduk di bangku kelas 2 SMP, kelas 1 SMP, kelas 6 SD, bahkan ada yang masih TK. Adapun adiknya yang bungsu masih berusia 19 bulan.

Sebenarnya dari pihak ITB kala itu telah mengupayakan maksimal agar pemuda itu tetap bisa berkuliah, namun apa daya dikarenakan kondisi keluarga yang sangat tidak memungkinkan, sehingga asa itu hanyalah tinggal angan-angan semata.

(Baca juga: Wanita Ini Selamat dari Serangan Buaya, Begini Caranya Meloloskan Diri)

Kini Izhak dengan tabah menafkahi adik-adiknya dengan membuat gula merah di rumah kayu yang amat sederhana. Kisah Izhak ini banyak dibagikan di media sosial facebook hingga akhirnya viral. Diharapkan banyak yang hatinya tergerak untuk membantu Izhak dan adik-adiknya agar dapat mendapat penghidupan yang lebih layak. Semangat terus Izhak!

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini