nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampingi Gus Ipul, Azwar Anas Dinilai Punya Modal Politik di Pilgub Jatim

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 25 Desember 2017 21:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 25 519 1835742 dampingi-gus-ipul-azwar-anas-dinilai-punya-modal-politik-di-pilgub-jatim-FA56x9VBlz.jpg Saifullah Yusuf-Azwar Anas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas disebut-sebut sebagai calon kuat dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada 2018. Kans Gus Ipul terbilang sudah tak diragukan lagi, tapi bagaimana dengan Azwar Anas?

Menurut pengamat politik dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Dodi Faedlullah, sosok Azwar Anas memiliki banyak nilai positif. Ia adalah sosok kepala daerah teladan dengan berbagai kebijakannya selama memimpin Banyuwangi.

"Untuk melakukan perubahan seringkali kita membutuhkan tauladan, salah satunya tauladan dari pemimpin. Azwar Anas selama ini berhasil menggerakan pemerintahan jauh lebih handal dan pro terhadap publik," katanya saat dihubungi wartawan, Senin (25/12/2017).

(Baca Juga: Gerindra Usul Suyoto dan Moreno di Pilgub Jatim, PAN Tergantung Kesepakatan)

Dodi menilai, apa yang dimiliki Azwar Anas bisa menjadi modal politik dirinya bila nanti memenangkan Pilgub Jatim bersama Gus Ipul. Bahkan, kepala daerah lain semestinya bisa belajar dari Azwar Anas, dan tak perlu malu untuk mengadopsi kebaikan.

"Saya kira ini bisa menjadi catatan yang baik untuk transformasi dalam tubuh birokrasi yang laik di-benchmark oleh kepala daerah lain," tuturnya.

Seperti diketahui, Azwar Anas terpilih untuk mendampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim. Ia adalah Bupati Banyuwangi yang dikenal dengan sejumlah terobosan dalam menata birokrasi, seperti transparansi serta pemanfaatan teknologi.

Pasangan Gus Ipul-Azwar Anas diprediksi akan bertarung melawan duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Belum lagi ada pesaing baru, Moreno Suprapto yang digadang-gadang diusung Gerindra.

(Baca Juga: Golkar Siapkan Figur Bersih di Pilkada Jatim)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini