nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Resmi Lantik Khofifah-Emil Dardak dan Gubernur Jambi Pengganti Zumi Zola

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 16:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 13 337 2017426 jokowi-resmi-lantik-khofifah-emil-dardak-dan-gubernur-jambi-penggati-zumi-zola-3D6IqSFL0d.jpg Jokowi lantik Gubernur dan Wagub Jatim serta Gubernur Jambi (Foto: Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Selain itu, Kepala Negara juga melantik Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi definitif menggantikan Zumi Zola setelah kasusnya dinyatakan inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor 16/P/2019 dan Keppres Nomor 16/P/2019 tentang Pengesahan Penetapan Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Jambi.

Sebelum dilantik, Khofifah-Emil dan Fachrori Umar terlebih dulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi. Kirab itu juga diikuti oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Kirab dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan. Para kepala daerah itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kedua gubernur tersebut di atas Alquran yang dipegang oleh rohaniawan.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi yang diikuti kedua gubernur dan wakil gubernur tersebut.

(Baca Juga: Jelang Pelantikan, Khofifah Minta Doa Warga Jatim)

Kemudian, acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang langsung dipimpin Jokowi.

Setelah itu, prosesi pelantikan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan diakhiri pemberian ucapan selamat oleh Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan tamu undangan.

Dalam pelantikan ini tampak hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri ATR Sofyan Djalil, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Ketum PPP Romahurmuziy, Ketua DPD Osman Sapta Odang, Ketum Nasdem Surya Paloh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, serta Menhub Budi Karya Sumadi. (AKY)

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini