nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dato Paduka Lim Jock Hoi Resmi Jabat Sekjen Baru ASEAN

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 15:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 18 1840634 dato-paduka-lim-jock-hoi-resmi-jabat-sekjen-baru-asean-mU7qhKUu9Q.jpeg Mantan Sekjen ASEAN, Le Luong Minh (ki), Menlu RI, Retno Marsudi (tgh) dan Sekjen baru ASEAN, Lim Jock Hoi (ka) pada acara serah terima jabatan Sekjen ASEAN, 5 Januari 2018. (Foto: Dika/Okezone)

JAKARTA – Diplomat senior Brunei, Lim Jock Hoi resmi menerima jabatan sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN dari pendahulunya, Le Luong Minh yang telah menyelesaikan masa baktinya pada 31 Desember 2017. Acara serah terima jabatan yang dilakukan di Sekretariat ASEAN (ASEC) di Jakarta turut dihadiri juga oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

BACA JUGA: Anies Baswedan Ucapkan Selamat Pada Sekjen Baru ASEAN

“Walaupun tugas di depan kita besar, kami percaya ASEAN akan terus maju seiring dengan perkembangan dinamis di kawasan. ASEC berusaha meningkatkan lebih jauh dialog ASEAN dan dengan negara-negara mitra,” kata Lim dalam pidatonya Jumat (5/1/2018).

“Dengan bekerja bersama, kita dapat mengatasi tantangan dan meningkatkan potensi kolektif kita.”

Menutup pidatonya, Lim menyampaikan terima kasih kepada pendahulunya sekaligus menegaskan tekadnya untuk meneruskan pekerjaan luar biasa yang telah dilakukan oleh Le Luong Minh.  

Dato Paduka Lim Jock Hoi sebelumnya menjabat sebagai pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Brunei. Ayah dua anak itu lulus dari Politeknik Kota London pada 1976 dengan gelar B.Sc (Hons). Pada 2007, dia menerima penghargaan Most Honourable Order Seri Paduka Mahkota Brunei , Kelas Dua (D.P.M.B).

Acara serah terima jabatan itu ditutup dengan penyerahan simbolik bunga anggrek Golden Jubilee oleh Singapura sebagai Ketua ASEAN 2018.

BACA JUGA: Lim Jock Hoi Dilantik Jadi Sekjen Baru ASEAN

Jabatan Sekjen ASEAN ditunjuk melalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN untuk masa jabatan lima tahun yang tidak dapat dilanjutkan. Sekjen dipilih dari negara-negara anggota ASEAN berdasarkan giliran menurut abjad.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini