nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Patung Sapi Diduga dari Era Majapahit Ditemukan di Sukoharjo

Bramantyo, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 00:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 06 512 1841209 patung-sapi-diduga-dari-era-majapahit-ditemukan-di-sukoharjo-Cr4a375ft9.jpg Patung sapi yang diduga dari era Majapahit. (Foto: Bramantyo/Okezone)

SUKOHARJO - Sebuah patung berbentuk sapi duduk yang terbuat dari batu andesit ditemukan terpendam di kebun pisang milik Walidi di Dukuh Kaliniti, RT 03/ RW 03, Desa Siwal, Baki, Sukoharjo.

Ada dugaan, patung tersebut merupakan benda purbakala era Majapahit. Sayangnya saat ditemukan, kondisinya tidak utuh, bagian kepalanya sudah tidak ada.

Yusuf, seorang perangkat desa Siwal menjelaskan, dirinya mendapat laporan dari pemilik kebun tentang temuan sebuah batu, namun berbeda dari batu kebanyakan.

"Oleh warga secara bergotong royong, lokasi temuan tersebut digali hingga kedalaman 10 meter hingga ditemukan patung sapi tanpa kepala itu," jelas Yusuf, Sabtu 6 Januari 2018.

(Baca juga: Arkeolog Mesir Temukan Makam Pengrajin Emas Berusia 3.000 Tahun)

Diperkirakan, temuan patung tersebut ada kaitannya dengan temuan patung yang lokasinya tidak jauh dari petilasan Kraton Pajang.

"Kita sudah lapor kepala desa, dan patung sapinya saat ini disimpan pemilik kebun," lanjut Yusuf.

Pihaknya masih menunggu penelitian dari Balai Cagar Budaya, dan besar harapannya lokasi temuan benda peninggalan bersejarah itu bisa dikembangkan jadi aset wisata desa.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini