Warga Tangkap Buaya Putih Berbobot 1 Ton Penunggu Muara Sampit

Rizka Diputra, Okezone · Kamis 11 Januari 2018 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 11 340 1843502 warga-tangkap-buaya-putih-berbobot-1-ton-penunggu-muara-sampit-EDrYPrAE6A.JPG buaya putih penunggu Muara Sampit (Foto: Facebook/@Yuni Rusmini)

SAMPIT - Buaya memang sudah tidak asing lagi bagi warga Kalimantan. Pasalnya, dalam berbagai kasus, predator ganas itu kerap dilaporkan memangsa penduduk yang tinggal di dekat sungai. Kali ini, kabar menghebohkan soal buaya datang dari Desa Sukamandang, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Seekor buaya putih berukuran enam meter dengan bobot sekira satu ton berhasil ditangkap warga Seruyan dengan susah payah pada Selasa 9 Januari 2018. Video penangkapan buaya penunggu Muara Sampit ini dibagikan oleh pemilik akun facebook @Yuni Rusmini. Dalam postingannya disebutkan bahwa buaya berukuran besar itu ditangkap di bantaran Sungai Arut, Kecamatan Arut.

(Baca juga: Sang Abang Diambang Perceraian, Adik Ahok: Biarlah Waktu yang Bicara)

Sebelum ditangkap, warga kabarnya sempat memanggilnya dengan menggunakan jasa pawang buaya. Setelah berhasil ditaklukkan, mulut buaya itupun diikat dengan seutas tali tambang dan dibawa ke Desa Sukamandang.

Saat ini buaya putih tersebut telah dievakuasi ke Pangkalanbun oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat. Kepala BKSDA SKW II Pangkalanbun, Agung Widodo mengungkapkan, buaya yang ditangkap adalah buaya muara jenis Senyulong yang dikenal warga dengans ebutan buaya 'sumpit'.

(Baca juga: Cantiknya Driver Ojol Ini, Warganet Sebut Mirip Isyana Sarasvati)

"Saat ini buaya kami amankan di balai untuk nantinya dilepasliarkan," katanya singkat.

Berikut video penangkapan buaya putih di Sampit

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini