nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

200an Anak TK unjuk Kebolehan Menghafal Alquran di Pekanbaru

ant, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 05:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 26 340 1850448 200an-anak-tk-unjuk-kebolehan-menghafal-alquran-di-pekanbaru-wPkw7zJ40R.jpg Ilustrasi

PEKANBARU - Sebanyak 200-an anak TK dari Raudhatul Athfal unjuk kebolehan antara lain dalam tahfidz Al Quran dan menyusun kaleng huruf Hijaiyah dalam Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Raudhatul Athfal (RA) tingkat Kota Pekanbaru pada 25-28 Januari 2018.

"Lomba digelar tiap tahun ini bermanfaat untuk mencari bibit baru sejak usia dini yang terampil dan hafal Al Quran, selanjutnya bisa menjadi cikal bakal untuk mengikuti lomba pada tingkat daerah dan nasional," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, Drs H Edwar S Umar, M.Ag di Pekanbaru, Kamis kemarin.

Menurut Edwar, anak adalah aset bangsa yang sejak dini harus diisi dengan ilmu dan aqidah yang baik sehingga kelak mereka bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Ia mengatakan, banyak pengaruh negatif dari perkembangan informasi dan teknologi, seperti anak bisa kecanduan game atau gawai sehingga kepedulian orang tua sangat diperlukan untuk mengawasi anak mereka agar tidak kecanduan gawai.

"Karena itu, kegiatan seperti ini diyakini mampu mengalihkan perhatian anak untuk tidak lagi dominan menggunakan gawai disamping itu anak akan terbiasa mengasah bakatnya untuk bisa berprestasi gemilang," katanya.

Pada kesempatan itu, dia meminta orang tua agar meningkatkan kualitas peran mereka dalam mendidik anak, sebab peningkatan kualitas anak sebesar 80 persen ditentukan oleh keluarga.

Sedangkan di sekolah guru memberikan ilmu pengetahuan dan membimbing, mengarahkan anak pada bakat potensial mereka, namun demikian guru diharapkan mengajar penuh dengan kasih sayang dan bisa menjadi teladan bagi anak didiknya.

"Karena itu anak-anak patuhi gurumu perbanyak hafalan Al Quran, hormati orang tua, hormati guru, senangkan hati mereka, dan jangan lupa mandi yang bersih, serta rajin menggosok gigi," katanya.

Ketua panitia, Dian mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari pada 25-27 Januari 2018. Lima cabang lomba yang dipertandingkan adalah tahfidz, menyusun kaleng huruf Hijaiyah, mengisi pola, mewarnai dan senam massal tari nusantara.

Ia menyebutkan, sebelum lomba tingkat Kota Pekanbaru telah dilaksanakan di tingkat gugus pada empat gugus RA di Kota Pekanbaru. Untuk juara 1-3 akan bersaing di tingkat kota.

Khusus pada hari ini ada dua cabang yang diperlombakan, yaitu mewarnai dan menyusun huruf hijaiyah.

"Alhamdulillah anak-anak RA banyak yang hapal 1 juz dan ini semua merupakan binaan dan motivasi dari pengurus RA dan arahan dari Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru," katanya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini