nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cyril Ramaphosa Terpilih sebagai Presiden Afsel Menggantikan Jacob Zuma

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 22:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 18 1860314 cyril-ramaphosa-terpilih-sebagai-presiden-afsel-menggantikan-jacob-zuma-VIAHcfkvTW.JPG Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa (Foto: Mike Hutchings/Reuters)

CAPE TOWN – Parlemen (Afsel) akhirnya memilih Cyril Ramaphosa sebagai Presiden Afrika Selatan menggantikan Jacob Zuma yang mengundurkan diri. Pria berusia 65 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Afrika Selatan sejak 26 Mei 2014.

Cyril Ramaphosa akan berstatus sebagai pemimpin interim setelah dikukuhkan oleh Ketua Mahkamah Agung Afrika Selatan di Cape Town. Mengenakan dasi merah dan setelan jas hitam, ia duduk dengan tenang di kala legislator dari Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) larut dalam kegembiraan.

“Afrika Selatan harus menjadi yang pertama dalam apa pun yang kita lakukan. Ini belum menjadi sebuah kemerdekaan. Kita tidak pernah mengatakan ini sebagai kemerdekaan. Kita akan mengupayakan perbaikan hidup masyarakat yang sedang berlangsung yang sudah dilakukan sejak 1994,” ujar Cyril Ramaphosa dalam pidato singkatnya, mengutip dari The Guardian, Kamis (15/2/2018).

BACA JUGA: Jacob Zuma Menyatakan Mundur sebagai Presiden Afsel 

Partai ANC merupakan partai berkuasa tidak hanya di parlemen tetapi juga Afrika Selatan. Pemilihan yang dilangsungkan di parlemen dianggap sebagai formalitas. Sebab, ketika Jacob Zuma yang berasal dari ANC dilengserkan dari jabatan Ketua Partai serta Presiden, Cyril Ramaphosa yang menggantikannya sesungguhnya sudah menjadi seorang pemimpin.

Pejabat partai mendeskripsikannya sebagai seorang kader revolusioner yang mengabdikan diri bagi masyarakat Afrika Selatan. Pria asal Soweto itu juga dipandang dapat menguatkan persatuan di negara bekas jajahan Belanda tersebut.

“Afrika dan dunia menaruh harapan besar dalam kepemimpinan revolusioner Anda,” ujar anggota parlemen dari Partai ANC, Patrick Maesella.

BACA JUGA: Partai ANC Lengserkan Jacob Zuma sebagai Presiden Afsel 

Naiknya Cyril Ramaphosa tidak lepas dari keputusan Jacob Zuma untuk menerima permintaan mengundurkan diri dari Komite Eksekutif Partai ANC. Pria berusia 75 tahun itu sempat menolak mundur meski pada akhirnya mematuhi keputusan partai walau sedikit enggan.

Jacob Zuma menyatakan tidak terima dengan cara Partai ANC mendorongnya untuk lengser sebelum masa jabatannya berakhir. Ia juga mengaku sempat menawarkan untuk mundur pada Juni mendatang. Meski demikian, ia sepakat untuk mengakhiri sembilan tahun masa pengabdiannya itu.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini