nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fahri Hamzah: Dari Awal Saya Tidak Pernah Mau Bersentuhan dengan Nazaruddin!

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 15:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 20 337 1862068 fahri-hamzah-dari-awal-saya-tidak-pernah-mau-bersentuhan-dengan-nazaruddin-LzGzbObOlQ.jpg Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fahri Hamzah menyebut adanya persengkokolan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan terpidana kasus korupsi Wisma Atlet, Muhammad Nazaruddin. Fahri bahkan berani menamai persengkongkolan ini dengan nama Skandal Pemberantasan Korupsi.

"Saya katakan skandal itu 'skandal Pemberantasan Korupsi'. Ini skandal. Pemberantasan korupsinya sendiri skandal," jelas Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).

Fahri menilai KPK selama ini bekerja dalam mengungkap kasus-kasus korupsi hanya bersumber dari dua hal. Selain Operasi Tangkap Tangan (OTT), sumber korupsi yang selalu diurus KPK adalah mengurusi apa yang disebutkan Fahri sebagai 'nyanyian Nazaruddin'. Nyanyian ini selalu mengumbar-ngumbar keterlibatan seseoramg dalam kasus korupsi, padahal belun tentu benar bukti-buktinya.

 (Baca juga: Nazaruddin Klaim Punya Berkas Korupsi Fahri Hamzah)

KPK dianggap Fahri sengaja memelihara dan menjadikan Nazaruddin sebagai alat menyebut siapa pun yang bersebrangan dengan lembaga antirasuah itu.

"Korupsi itu sekarang sumbernya ini. Namanya disebut Nyanyian Nazaruddin. Sumber korupsi hanya ini. Ini aja yang dibaca terus menerus. Kaya e-KTP, ada pohonnya di sini. Nyanyi Nazar, Kwek Kwek Kwek Kwek Kwek. Panggil orang diperiksa. Kedua ya OTT. Cuma itu sumber korupsi," papar Fahri.

Selain itu, Fahri menyebut tudingan dirinya terlibat korupsi merupakan bentuk persekongkolan tersembunyi antara KPK dan Nazaruddin. Namun, Fahri menilai Nazaruddin marah terhadap KPK sehingga kembali berkicau menyebut nama sejumlah pejabat termasuk dirinya.

"Dan kemarahannya yang terakhir ini diantaranya adalah karena ini mulai saya bongkar gitu loh. Kan ini disembunyikan oleh mereka dalam persekongkolan mereka disembunyikan," ungkapnya.

 (Baca juga: Dituding Korupsi oleh Nazaruddin, Fahri Hamzah: Bohong! Dia Enggak Punya Bukti)

Menurut Fahri, setidaknya ada dua hal yang membuat Nazaruddin marah, pertama proses asimilasinya tertunda karena bocornya dokumen KPK yang menjamin penghapusan kasus-kasusnya. Kedua, sempat bocornya dokumen Pansus Angket dimana terdapat lampiran tentang adanya 162 kasus Nazaruddin yang disimpan KPK.

"Dan hampir asimilasi saya dengar terakhir dari Sukamiskin dia marah, karena orang KPK datang "sabar nazar" asimilasinya ditunda. Gara-gara ini semua terungkap ya. Gara-gara ini semua terungkap dan akhirnya dia marah, dia mau menyebut nama saya," ungkapnya.

Fahri menegaskan, dirinya selama menjadi wakil rakyat tak pernah mau bersentuhan langsung dengan Nazaruddin.

“Yang jelas saya mau fokus bahwa ini skandal. Nazar enggak punya bukti apa-apa tentang saya. Bahkan, saya tidak pernah mau bersentuhan dengan Nazar,” tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini