nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ulama Ponpes Al Falah Kediri Diteror, 2 Orang Pria Diamankan

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 17:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 20 519 1862169 ulama-ponpes-al-falah-kediri-diteror-2-orang-pria-diamankan-rBKA47TZVo.jpg Ilustrasi Penangkapan (foto: Shutterstock)

KEDIRI - Dugaan teror terhadap ulama kembali terjadi, kali ini giliran Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Mojo, Kota Kediri yang didatangi tamu tak dikenal pada Senin malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Informasi yang dihimpun Okezone dari pihak kepolisian, kejadian bermula saat 3 orang tamu tak dikenal memaksa hendak bersilaturahmi dengan KH Zainuddin Jazuli, KH Nurul Huda Jazuli, serta pengasuh ponpes lainnya yakni Gus Robert dan Gus Thuba.

(Baca Juga: Mabes Polri Cari Benang Merah Penyerangan Pemuka Agama)

Pria tersebut menemui Riyanto, seorang pendamping Gus Robert, pengasuh Ponpes Al Falah. Tiba - tiba, 2 orang tamu tersebut menodong pisau ke arah Riyanto dan meminta ditunjukkan rumah Gus Robert.

Meski telah diminta dengan halus untuk pulang ke rumah, dua orang tersebut masih memaksa bertemu pengasuh ponpes.

"Oleh santri 3 orang tersebut berhasil diamankan, tapi 1 orang dilepaskan karena tak terbukti. Saat ini 2 orang tersebut sudah diserahkan ke kepolisian," ujar Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi.

Pihaknya menambahkan saat ini dua orang terduga yang disinyalir berusia 45 tahun ini masih dalam pemeriksaan di Polres Kediri Kota.

Kapolres Kediri Kota, AKPB Anthon Haryadi juga meminta santri dan masyarakat tidak terprovokasi kabar burung dari media sosial dan mempercayakan ke pihak kepolisian untuk memeriksa kasus tersebut hingga tuntas.

(Baca Juga: Usai Penyerangan Pemuka Agama, Polda Jatim Intensif Razia Orang Gila)

Sementara itu, pihak Ponpes Al Falah, Gus Abid menyatakan diamankannya 3 orang pelaku karena santri waspada dan khawatir terhadap keselamatan kyainya.

"Pria tersebut diamankan oleh para santri dan diserahkan ke polisi guna proses lebih lanjut," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini