Share

Polda Sumut Bentuk Tim Investigasi Heli Polri Dipakai untuk Resepsi Pernikahan

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Rabu 28 Februari 2018 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 340 1866095 polda-sumut-bentuk-tim-investigasi-heli-polri-dipakai-untuk-resepsi-pernikahan-jn7qUzuN9p.jpg Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterpauw.

MEDAN – Video yang berisi rekaman helikopter Polri digunakan oleh pengantin di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada Minggu 25 Februari 2018 lal menimbulkan tanya. Banyak warganet mencibir aksi yang dinilai tak pantas itu. Pasalnya, heli tersebut adalah aset negara yang tak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi.

Polda Sumut tak mau tinggal diam. Mereka telah membentuk tim khusus untuk menginvestigasi kejadian tersebut. Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, ia akan mendalami adanya unsur kesengajaan dari internal mereka.

“Saya sudah membentuk tim untuk mendalami apa ada kesengajaan apa tidak, apa memang fasilitas seperti itu dimanfaatkan seperti yang diberitakan. Tapi sampai hari ini yang saya dilaporkan oleh staf bahwa mereka memanfaatkan momen itu mengambil foto,” kata Paulus, Rabu (28/2/2018).

Paulus pun menegaskan bahwa pihaknya tidak melakukan komersialisasi atas aset-aset yang diserahkan kepada mereka. Namun ia tak memungkiri bahwa mereka sangat terbuka dengan aset yang mereka punya, seperti halnya dengan instansi-instansi pemerintah lainnya.

(Baca juga: Heboh Resepsi Pernikahan Pakai Helikopter Polri, Warganet: Kok Pakai Aset Negara?)

“Saya pikir ya di tempat-tempat lain, teman-teman kita satuan tugas juga sama ya, ada artinya sekarang terbuka ya tidak ada yang ditutup-tutupi. Namun tidak ada komersialisasi yang disengaja, makanya nanti kita lihat kepentingannya. Yang pasti kalau mereka masuk ke dalam helikopter tidak boleh. Kalau dipinggir untuk foto-foto ya masih boleh,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video rangkaian resepsi pernikahan di Pematang Siantar, Sumatera Utara, mendadak viral setelah diunggah ke sosial media.

Video berdurasi sekitar 1 menit itu menjadi viral karena merekam detik-detik pergerakan helikopter yang membawa pasangan pengantin saat turun di tengah kerumunan anggota keluarganya yang sudah menunggu di lokasi yang belakangan diketahui sebagai Lapangan H Adam Malik, Pematang Siantar.

(Baca juga: Resepsi Pakai Heli Polri, Kapolda Sumut: Kemungkinan untuk Numpang Foto Saja)

Sesaat setelah turun dari helikopter, pasangan pengantin itu lalu berjalan di atas karpet merah yang sudah disediakan. Pasangan itu kemudian disebut-sebut diarak ke gedung Green Camp Adventure Outbound Siantar, tempat resepsi berlangsung, dengan menggunakan BSA, becak motor khas Siantar.

Selain decak kagum, viralnya video itu juga karena helikopter yang digunakan dalam video itu diduga merupakan helikopter Polri B0-105 berwarna putih biru. Alat utama sistem pertahanan yang harusnya tak dimanfaatkan untuk kepentingan nonoperasional kepolisian.

Untuk menyamarkam helikopter itu, Logo dan tulisan Polri yang ada di lambung kabin sudah ditutup dengan sejenis stiker yang bertuliskan huruf F & T. Huruf F dan T itu diduga merupakan inisial kedua pasangan tersebut.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini