Pesan Menpora Usai Hadiri Festival Cap Go Meh Singkawang

Dina Prihatini, Okezone · Jum'at 02 Maret 2018 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 340 1867040 pesan-menpora-usai-hadiri-festival-cap-go-meh-singkawang-EzMm8D3WpW.jpg Kemeriahan Festival Cap Go Meh Singkawang (foto: Dina/Okezone)

SINGKAWANG - Perayaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Perayaan dengan agenda tahunan ini sekiranya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pukul 09.00 WIB namun karena berhalangan hadir, akhirnya acara dibuka oleh Menteri Agama. Serangkaian acara dilaksanakan seperti pawai Tatung, lelang buah jeruk bali.

(Baca Juga: Festival Cap Go Meh Singkawang, Menag: Membangun Bangsa yang Kuat dengan Menjaga Kebersamaan)

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang (foto: Dina/Okezone)

Saat pembukaan, Menpora Imam Nahrawi sama sekali tak beranjak dari tempat acara dan menikmati ritual serta rangkaian acara meski cuaca sangat terik oleh matahari pagi. Bahkan, Menpora yang didampingi istri bersama Wali Kota Singkawang, Tjai Tju Mi berjalan kaki dari satu panggung utama menuju panggung lelang buah jeruk dengan jarak 500 meter.

Beberapa rangkaian acara seperti festival seni budaya, Cap Go Meh Run, Pawai Lampion, lomba atraksi barongsai serta pawai Tatung menjadi tontonan menarik bagi pria penyuka olahraga ini yang mengaku baru pertama kali mengikuti acara tradisional Cap Go Meh.

"Menjadi sebuah kebanggaan kita Cap Go Meh ini dengan 4 rekor MURI, lebih dari itu selamat atas perayaan Cap Go Meh pertama kalinya bagi saya dan tradisi ini jangan berhenti sampai kapan pun," tegas Menpora disambut riuh ribuan masyarakat yang hadir.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang (foto: Dina/Okezone)

Menurut Imam, Cap Go Meh bukanlah hajatan bagi Kota Singkawang dan Kalbar melainkan hajatan Nasional dan akan menjadi sebuah kebanggaan Indonesia dengan jumlah Tatung sebanyak 1.038 yang tercatat dalam Rekor MURI.

"Saya sejak semalam menyiarkan acara spektakuler pemecahan rekor imlek tahun ini di medsos dan terima kasih semua yang telah menyelenggarakan acara ini termasuk dukungan masyarakat Singkawang," paparnya.

Imam juga bersyukur dan terus mendukung Wali Kota Singkawang meneruskan acara yang dapat menyatukan kesatuan dan persatuan bangsa seperti ini. "Bahwa toleransi harus terus digaungkan dan ruh kita sebagai bangsa untuk meneruskan juga mengamalkan Pancasila dan memperkokoh negara RI," tegasnya.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang (foto: Dina/Okezone)

(Baca Juga: Presiden Jokowi Dikabarkan Batal Hadiri Festival Cap Go Meh Singkawang)

Dalam akun Instagramnya, Menpora mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk hadir saat perayaan Cap Go Meh yang dibuka pada hari ini hingga Minggu, 4 Maret 2018. "Ayo yang mau nonton perayaan Cap Go Meh, hadir ke Singkawang," ungkapnya.

Selain serangkaian acara, Cap Go Meh 2018 kali ini dimeriahkan dengan 4 rekor MURI sekaligus dengan kategori tatung terbanyak, Gerbang Cap Go Meh terbesar, jumlah lampion terbanyak dan pembuatan 9 lampion naga. "Mari kita rayakan keberagaman Bangsa Indonesia. Terakhir, terima kasih untuk Gus Dur," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini