nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Dalami Adanya Perkembangan 'The Family MCA' di Jawa Barat

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 15:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 05 525 1868119 polisi-dalami-adaanya-perkembangan-the-family-mca-di-jawa-barat-otaoAdjqAl.jpg Ilustrasi Berita Bohong atau Hoax (foto: Shutterstock)

BANDUNG - Dua orang di wilayah Jawa Barat (Jabar), diamankan jajaran Polda Jabar terkait kasus kelompok penyebar berita bohong atau hoax. Kedua orang yang diamankan adalah Yuspiadin alias Yus (24) warga Sumedang dan Fuad Sidiq (26) warga Tasikmalaya.

Yus di ketahui merupakan anggota 'The Family Muslim Cyber Army (MCA)'. Dirinya merupakan anggota inti dari kelompok penyebar hoax tersebut. Sementara Fuad Sidiq, juga merupakan anggota 'The Family MCA' yang berperan sebagai sniper (pencari berita untuk di sebarkan ke kelompok MCA).

Bareskrim Mabes Polri Tangkap 6 Orang Grup WhatsApp The Family MCA

(Baca Juga: The Family Muslim Cyber Army Serang Wibawa Pemerintahan Jokowi)

Dengan tertangkapnya kedua anggota MCA itu, polisi mendalami soal kelompok MCA yang juga berkembang di Jabar. "Dengan di tangkapnya di Sumedang, sudah jelas berarti memang ada di Jabar (kelompok MCA)," tegas Dirkrimum Polda Jabar, Kombes Pol Umar Surya Fana, saat di hubungi melalui pesan singkatnya, Senin (5/3/2018).

Umar menuturkan, pihaknya telah memetakan beberapa titik lokasi yang diduga meruapakan tempat komunitas MCA. Pemetaan tersebut, merupakan hasil dari pantauan jajarannya di grup media sosial kelompok tersebut.

Sejauh ini, beberapa orang yang diamankan dan dilakukan proses lantaran menyebarkan hoax, yakni berada di Garut, Bogor, Ciamis dan Indramayu. Meskipun begitu, namun beberapa yang diamankan tersebut, belum diketahui ada keterkaitan dengan kelompok MCA atau tidaknya.

(Baca Juga: Polisi Sebut Ada 42 Berita Hoaks 'Penyerangan' Selama Februari 2018)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini