nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambangi Rusia, Menlu Retno Bahas Isu Ekonomi hingga Palestina

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 14:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 12 18 1871370 sambangi-rusia-menlu-retno-bahas-isu-ekonomi-hingga-palestina-Xry5aVh6e6.jpg Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, diapit Duta Besar Indonesia Wahid Supriadi dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia terpilih Lyudmila Vorobyeva di Moskow (Foto: Kemlu RI/Twitter)

MOSKOW – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, tiba di Moskow, Rusia, pada Senin (12/3/2018) pagi waktu setempat. Lawatan tersebut adalah kunjungan resmi tingkat Menteri Luar Negeri RI pertama sejak 2010.

Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriadi, dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia terpilih, Lyudmila Vorobyeva, menyambut kedatangan Menlu Retno di bawah cuaca -8 derajat Celsius. Diplomat tertinggi Indonesia itu dijadwalkan bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov pada Selasa 13 Maret.

“Tiba di Moskow, Rusia pagi ini. Cuaca minus 8. Kunjungan ini merupakan balasan dari kunjungan Menlu Rusia ke Jakarta, Agustus 2017. Besok saya akan lakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Rusia, Sergey Lavrov,” cuit Menlu Retno lewat akun Twitter @Menlu_RI, Senin (12/3/2018).

BACA JUGA: Bertemu Menlu Retno, Ini yang Dibicarakan Menlu Rusia 

Dalam keterangan pers yang diterima Okezone, pertemuan kedua menlu itu akan membahas serangkaian isu strategis guna meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara, khususnya kerjasama ekonomi. Kedua Menlu juga direncanakan membahas berbagai perkembangan isu internasional dan kawasan, serta isu Palestina.

Sebagaimana diberitakan, Menlu Rusia Sergey Lavrov berkunjung ke Jakarta pada 8-9 Agustus 2017. Dalam pertemuan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, kedua menlu membahas sejumlah topik kerjasama bilateral dalam beberapa bidang termasuk politik dan keamanan, ekonomi, dan pariwisata.

BACA JUGA: Presiden Rusia akan Kunjungi Indonesia, Menlu Retno: Undangan Sudah Disampaikan

Satu topik penting lain yang dibahas adalah mengenai rencana kunjungan Presiden Rusia, Vladimir Putin, ke Indonesia. Undangan untuk berkunjung itu sudah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat perhelatan KTT Rusia-ASEAN di Sochi pada 2016. Namun, kunjungan tersebut belum juga terealisasi hingga kini.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini