Dari Gitar Metallica hingga Kuda, Ini Deretan Barang Gratifikasi Jokowi yang Diserahkan ke KPK

Annisa Ulva Damayanti, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 19:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 13 337 1872241 dari-gitar-metallica-hingga-kuda-ini-deretan-barang-gratifikasi-jokowi-yang-diserahkan-ke-kpk-Up4sey45xi.jpg Bass pemberian Metallica kepada Jokowi di KPK (foto: Okezone)

JAKARTA – Sebanyak enam boks besar hadiah milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hadiah tersebut dianggap sebagai gratifikasi yang diberikan beberapa pihak untuk orang nomor satu di Indonesia itu.

Tentunya hal ini mendapat sambutan yang baik dari KPK. Pasalnya tindakan Jokowi tersebut dapat menjadi suatu pembelajaran yang baik bagi para kepala daerah lain karena bisa dianggap sebagai salah satu cara pencegahan korupsi.

Direktur Gratifikasi KPK, Giri Suprapdiono juga menjelaskan bahwa ada empat opsi terkait dengan barang-barang tersebut. Pertama, barang-barang tersebut akan dilelang, dimasukkan ke dalam museum yang ada di Istana Bogor, diserahkan ke Yayasan/ lembaga/institusi/kelompok yang membutuhkan dan yang terakhir dapat dibeli kembali oleh pelapor atau dalam hal ini adalah Jokowi.

Begitu banyak gratifikasi yang didapatkan oleh Jokowi. Dirinya pun mendapatkan barang-barang yang berkaitan dengan musik kegemarannya yaitu Metallica. Tak main-main, barang gratifikasi Jokowi tersebut jika dijumlahkan memiliki angka yang fantastis. Barang-barang tersebut ditaksir hingga mencapai Rp58 miliar.

Berikut adalah rincian barang gratifikasi milik Jokowi:

1. Gitar Bass Metallica

Joko Widodo mendapatkan gitar bass metallica dari Grup Band Metallica , Roberto Trujilo. Gitar tersebut diberikan Robert sebelum Metallica memulai konsernya di Jakarta pada Rabu 1 Mei 2013. Walaupun orang nomor satu di Indonesia ini terkenal dengan kegemarannya mendengar musik metal, dirinya tetap tak tergoda untuk menerima gitar tersebut.

2. Cinderamata asal Rusia

Selain mendapatkan gitar, Jokowi juga mendapatkan paket hadiah dari Rusia dari sebuah perusahaan swasta asing. Paket itu berupa tea set berwarna emas berisi 4 cangkir, 2 wadah kecil, dan 1 teko. Perusahaan tersebut bergerak disektor minyak dan gas.

3. Lukisan Pemandangan dan Plakat

Tak hanya sebuah tea set, Perusahaan swasta asing itu juga memberikan lukisan pemandangan dan plakat. Hadiah tersebut diantarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Darmansjah Djumala. Dia menyebut penerimaan itu tidak langsung ke tangan Jokowi tetapi melalui PT Pertamina.

4. Album Piringan Hitam Metallica Amerika Serikat

Perdana Menteri (PM) Kerajaan Denmark, Lars Lokke Rasmusen beserta istrinya Solrun Lokke Rasmussen juga memberikan sebuah hadiah kepada Presiden Joko Widodo. Mereka memberikan album piringan hitam band metal Metallica yang menjadi kesukaan Joko Widodo.

 

5. Kacamata

Selain keempat hadiah tersebut, Joko Widodo juga mendapatkan sebuah kacamata yang diberikan langsung oleh Jorge Lorenzo, pebalap Moto GP asal Spanyol.

6. Dua ekor Kuda

Dua ekor kuda diberikan warga Nusa Tenggara Timur (NTT) kepada Joko Widodo pada Agustus 2017. Kedua kuda tersebut ditaksir seharga Rp170 juta rupiah. Pemberian kuda dilakukan oleh warga dengan maksud menyambut kedatangan Jokowi sebagai tamu kehormatan saat menghadiri Parade 1.001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat.

Kedua kuda tersebut sudah dilaporkan kepada KPK dan ditetapkan sebagai milik negara. Namun untuk saat ini kuda-kuda itu ditempatkan di Istana Bogor karena KPK belum memiliki fasilitas pengelolanya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini