nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Bakar 37 Kilogram Ganja di Halaman Mapolsek Sunggal

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 340 1872152 polisi-bakar-37-kilogram-ganja-di-halaman-mapolsek-sunggal-afN5dscDve.jpg 37 kilogram ganja kering dibakar di halaman Mapolsek Sunggal, Kota Medan. (Wahyudi Aulia Siregar/Okezone)

MEDAN - Penyidik kepolisian memusnahkan 37 kilogram barang bukti narkoba jenis ganja kering. Pemusnahan barang bukti itu dilakukan dengan cara dibakar di dalam tong, di halaman Mapolsek Sunggal, Jalan TB Simatupang, Kota Medan pada Selasa (13/3/2018) siang.

Hadir dalam pemusnahan itu Kapolsek Sunggal, Kompol Wira Prayat; Waka Polsek Sunggal, AKP Artha Sebayang, Kanit Reskrim Iptu Budiman, Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Lubukpakam Cabang Pancur Batu, Anita; Ketiga tersangka pemilik ganja tersebut bersama kuasa hukumnya, James Simanjuntak.

Kompol Wira Prayatna menjelaskan, barang bukti yang mereka musnahkan ini merupakan hasil tangkapan petugas pada bulan November 2017. Penangkapan itu berawal dari informasi adanya dua tersangka yang akan melakukan transaksi ganja sedang beristirahat di salah satu hotel di Jalan Ngumban Surbakti pada 10 November 2017.

(Baca juga: Polisi Musnahkan 9 Hektare Ladang Ganja di Aceh Besar)

“Mendapat informasi itu petugas melakukan penyelidikan dan menangkap kedua tersangka Sudirman alias Datok (20) dan M Nasri alias Adam (33) yang merupakan warga Aceh,” kata Wira.

Saat diinterogasi, lanjut Wira, kedua tersangka mengaku ganja tersebut disimpan di rumah temannya bernama Syamsul. Petugas lalu melakukan pengembangan dan menangkap tersangka Syamsul. “Pemusnahan hari ini kita lakukan agar barang bukti ini tidak disalahgunakan. Untuk tersangka sudah kita tahan dan akan segera kita kirim ke kejaksaan untuk kepentingan penuntutan. Sementara mereka kita jerat dengan 114 Ayat (2) juncto 111 Ayat (2) juncto Pasal 132 Ayat (1) dari UU RI Nomor 35 Tahun 2009,” ucapnya.

Wira berharap masyarakat proaktif melawan peredaran narkoba. Pihaknya juga siap menindaklanjuti sekecil apapun laporan dari masyarakat tentang peredaran gelap narkoba ini. “Tidak ada tempat sedikitpun untuk peredaran narkoba di wilayah kita. Ini atensi seluruh unsur kepolisian. Kita akan tindak tegas,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini