nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump: Kim Jong-un Sudah Tak Sabar Bertemu Denganku

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 22:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 28 18 1879277 trump-kim-jong-un-sudah-tak-sabar-bertemu-denganku-ybxDsr1a8d.jpg Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald John Trump, mengaku telah dihubungi oleh Presiden China Xi Jinping terkait pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Pria asal New York itu mengklaim bahwa Jong-un sudah tak sabar untuk bertemu dengannya.

“Menerima pesan semalam dari Xi Jinping bahwa pertemuannya dengan Kim Jong-un berlangsung lancar dan Kim sangat tidak sabar bertemu denganku,” cuit Donald Trump lewat akun Twitter, mengutip dari Sky News, Rabu (28/3/2018).

“Sementara itu, dan sayangnya, sanksi dan tekanan maksimum harus tetap dipertahankan!” imbuh pria berusia 71 tahun itu.

BACA JUGA: Jelang Pertemuan dengan Trump, Kim Jong-un Mendadak Kunjungi China 

Sebagaimana diberitakan, Kim Jong-un berkunjung selama tiga hari ke China sejak Minggu 25 Maret hingga Selasa 27 Maret. Pemerintah China dan Korea Utara mengeluarkan sikap yang sama, yakni tidak membantah tetapi juga tidak mengonfirmasi.

Kim Jong-un datang dengan menggunakan satu rangkaian kereta api (KA) berwarna hijau yang melintasi Jembatan Persahabatan di Dandong. Putra Kim Jong-il itu tiba di Stasiun Kereta Api Beijing pada Senin 26 Maret dan menginap di Penginapan Negara Diaoyutai.

BACA JUGA: Trump Siap Bertemu dengan Jong-un pada Mei 

BACA JUGA: Korsel-Korut Gelar KTT Antar-Korea Ketiga Akhir April Mendatang

Kunjungan ke Negeri Tirai Bambu adalah lawatan pertama Kim Jong-un keluar negeri setelah dilantik pada 2011. Banyak pengamat meyakini kunjungan itu merupakan persiapan menjelang pertemuan puncak dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam format KTT Antar-Korea serta Presiden AS Donald Trump.

“Ini adalah sikap konsisten kami untuk berkomitmen terhadap denuklirisasi di Semenanjung Korea, seusai dengan keinginan mendiang Kim Il-sung dan Kim Jong-il,” ucap Kim Jong-un, seperti dikutip dari Xinhua.

BACA JUGA: Bertemu Presiden China, Kim Jong-un Berjanji Hentikan Program Nuklir Korut 

BACA JUGA: Kereta Lapis Baja dan Pesawat Terbang, Moda Transportasi Penguasa Korut ke Luar Negeri

Meski disebut kunjungan tidak resmi, akan tetapi protokol kekonsuleran penuh diberikan oleh China layaknya sedang menjamu tamu negara. Garda kehormatan, jamuan makan, serta pengamanan yang diberikan mirip dengan kunjungan resmi tamu kenegaraan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini