Share

Pandeglang Diprediksi Akan Dihantam Tsunami 57 Meter, BPBD Siapkan Warning System

Badriyanto, Okezone · Rabu 04 April 2018 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 04 340 1881824 pandeglang-diprediksi-akan-dihantam-tsunami-57-meter-bpbd-siapkan-warning-system-ZAWf9FtTSp.jpg Sirine tsunami sebagai alat pendeteksi dini (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gelombang tinggi 57 meter yang ramai diperbincangkan warganet dan berpotensi Tsunami langsung mendapat tanggapan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang. Meski prediksi tersebut pernah disampaikan Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi (BPPT), namun sifatnya masih sebagai early warning peringatan dini.

"Terkait dengan beredarnya informasi di media sosial tentang akan terjadinya tsunami setinggi 57 meter di Kabupaten Pandeglang, maka kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang karena itu semua masih bersifat prediksi awal untuk keperluan antisipasi," tulis BPBD seperti dikutip Okezone, Rabu (4/4/2018).

Dengan adanya informasi awal tersebut, BPBD Kabupaten Pandeglang mengharapkan warga tidak perlu khawatir namun tetap waspada terhadap bahanya gelombang tinggi yang bisa menyebabkan terjadinya Tsunami.

 (Baca: Diprediksi Tsunami, BPBD Imbau Masyarakat Pandeglang Tenang)

Dalam menanggulangi masalah tersebut, BPBD sebelumnya telah memasang alat tsunami Early Warning System (Sistem peringatan dini tsunami), selain itu tempat evakuasi aman juga telah disiapkan dalam menanggulangi bencana tsunami yang sedianya bisa terjadi yang sebelumnya bisa dideteksi melalui alat yang telah dipasang di wilayah perairan Pandeglang.

"Di sepanjang pantai Pandeglang sudah dipasang alat tsunami early warning system (sistem peringatan dini tsunami) dan masyarakat selalu mengingat titik kumpul dan jalur/rambu evakuasi yang telah disiapkan," lanjut BPBD Pandeglang tersebut.

Sebelumnya BPBD telah merilis informasi mengenai adanya gelombang besar yang berpotensi tsunami. Imbauan itu disampaikan pihak BPBD Kabupaten Pandeglang lewat akun twitter resminya @pandeglang_BPBD. Pihaknya juga menyampaikan, telah memasang alat sistem peringatan dini tsunami atau tsunami early warning system.

Tidak hanya itu, BPBD Pandeglang juga merilis prakiraan cuaca di wilayah Pandeglang dan sekitarnya. Cuaca di wilayah tersebut diprediksi masih normal pada 3-4 April ini, pagi hari akan diguyur hujan ringan dan berlanjut hingga siang dan sore hari, sedangkan pada malam hari diprediksi cerah berawan.

Begitu juga cuaca di wilayah Carita, Labuan, Panimbang, Tanjunglesung, Sumur dan Ujungkulon, pagi hari diprediksi hujan ringan, siang hingga sore hujan lokal dan cerah berawan pada malam hari.

Sementara itu, wilayah Binuangeun akan berawan pada pagi hari dan hujan lokal di siang sampai sore hari, dan kembali berawan pada malam hari. Masing-masing daerah memiliki kelembaban udara berkisar 55 hingga 95 persen dan suhu berkisar di 23-33 derajat celcius.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini