Image

Badai Hancurkan Dua Menara di Taj Mahal

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 12 18 1885893 badai-hancurkan-dua-menara-di-taj-mahal-n1eDlu79el.jpg Taj Mahal. (Foto: Reuters)

AGRA – Sebuah badai dahsyat dilaporkan telah merusak dua menara masjid yang terletak di gerbang masuk bangunan ikonik Taj Mahal di Agra, utara India. Pejabat setempat mengatakan, kecepatan angin yang mencapai 130 kilometer per jam membuat dua menara setinggi sekira 3,6 meter roboh.

BACA JUGA: Pemerintah Uttar Pradesh Keluarkan Taj Mahal dari Daftar Atraksi Wisata

Salah satu menara yang roboh terletak di royal gate atau gerbang kerajaan di mana kebanyakan turis melihat Taj Mahal untuk pertama kalinya, sementara satu menara lain terletak di gerbang selatan. Empat menara lain yang mengelilingi bangunan utama Taj Mahal masih berdiri tegak dan dalam keadaan utuh.

Menurut keterangan pihak berwenang yang dilansir BBC, Jumat (13/4/2018), pekerjaan untuk memperbaiki bangunan yang rusak mulai dilakukan.

Berdasarkan catatan resmi sejarah India, Taj Mahal dibangun oleh penguasa Mughal, Shah Jahan untuk mengenang mendiang istrinya, Mumtaj Mahal. Mausoleum yang dibangun pada abad ke-17 itu menarik sekira 12.000 pengunjung setiap harinya dan merupakan salah satu objek wisata paling populer di dunia.

Struktur monumen yang kompleks yang terdiri dari kubah marmer putih dan menara yang dilapisi dengan batu semi mulia dan ukiran dianggap contoh terbaik dari seni Mughal di India. Namun, bangunan yang dianggap sebagai salah satu keajaban dunia itu telah mengalami kerusakan akibat polusi dan kegiatan konstruksi dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Akibat Pencemaran Lingkungan, Menara Eiffel dan Taj Mahal Terancam Tutup

Pada Januari, Survei Arkeologi India yang merupakan penjaga monumen-monumen di negara itu mengatakan bahwa Taj Mahal terancam kehilangan kemilau dan strukturnya karena tingkat polusi yang meningkat di Agra.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini