nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

120 Pendaki Gunung Merapi Sudah Tiba di Pasar Bubrah Boyolali

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 11:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 11 512 1896982 120-pendaki-gunung-merapi-sudah-tiba-di-pasar-bubrah-boyolali-jZPso0xyoA.jpg Suasana letusan freatik Gunung Merapi. (Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho)

YOGYAKARTA - Sebanyak 120 pendaki yang sempat melakukan pendakian ke Gunung Merapi sudah ditarik turun. Hal itu menyusul adanya letusan freatik di kawah Gunung Merapi.

"Ada120 pendaki sudah ditarik dan sudah sampai di Pasar Bubrah, Boyolali. Kita masih lakukan pendataan" tutur Supriono Kepala Kanyir Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (11/5/2018).

Menurutnya, Basarnas sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak terkait. Dipastikan letusan freatik bukanlah erupsi, namun hanya dinding kawah yang ambrol ke dalam kawah yang menyebabkan terjadinya letusan.

BACA JUGA: Gunung Merapi Normal, BPPTKG Minta Masyarakat Tidak Panik

Karena itu, masyarakat diimbau tidak panik karena kondisinya tetap aman. Bahkan jarak aman masih tiga kilometer dari puncak. "Statusnya adalah aktif normal dan debu ini tidak sampai jauh," terangnya.

Melihat Aktivitas Warga Saat Letusan Freatik Gunung Merapi

Meski begitu, Basarnas tetap bersiaga. Mereka telah mengirimkan satu regu dan berjaga di Posko BPBD Sleman di Pakem. Tidak ada anggota yang naik sampai Kinahrejo karena kondidinya tetap aman. Begitu juga di posko semuanya tetap berjaga menunggu perkembangan terbaru.

BACA JUGA: Penyebab Terjadinya Letusan Freatik Gunung Merapi

"Kami juga bagikan masker kepada masyarakat untuk mengantisipasi,"ujarnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini