Jelajah Desa Ramadan, Petilasan Prabu Siliwangi Jadi Sorotan Kemendes

Badriyanto, Okezone · Kamis 31 Mei 2018 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 31 525 1905139 jelajah-desa-ramadan-petilasan-prabu-siliwangi-jadi-sorotan-kemendes-1ikoXlsuij.jpg Foto: Okezone

KUNINGAN - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT) melanjutkan Jelajah Desa Ramadan ke wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan itu dalam rangka evaluasi dan menggali potensi desa untuk dikelola sehingga menjadi pendapatan baru di desa.

"Kita mengevaluasi dan mencari potensi-potensi apalagi yang ada di desa-desa dan apa yang kita bisa bantu teman-teman di desa terutama masyarakat yang ada di desa ini," kata Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangun Permukiman Transmigrasi Kemendes PDTT Hari Pramudiono di Desa Maniskidul, Kuningan, Kamis (31/5/2018).

Kapala Desa Maniskidul Sadiman mengatakan, desa yang ia pimpinan merupakan desa paling banyak pendapatnya se-Kabupaten Kuningan. Setidaknya pendapatan desa tersebut mencapai Rp1,8 triliun pertahun, dari sektor wisata Cibulan yang didalam terdapat ikan dewa dan petilasan Prabu Siliwangi.

"Perlu kita sampaikan bahwa Maniskidul adalah memiliki penghasilan desa terbesar Se-Kabupaten Kuningan Rp1,8 milyar pertahun, itu hanya dari sektor wisata," katanya.

 Kemendes

Usai dialog bersama Kepala Desa se-Kabupaten Kuningan yang juga dihadiri Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar dan Plt Bupati Kuningan Dede Sembada, rombongan Kemendes PDTT diajak mengunjungin obyek wisata Cibulan yang pengelolaannya swadaya masyarakat.

Setidaknya, ada tiga wahana yang menjadi keunggulan Cibulan, yang pertama terdapat beberapa kolam yang isinya puluhan ikan besar berwarna abu-abu yang disebut kancra bodas. Warga setempat menyebutnya ikan dewa karena bisa menghilang disaat sore hari.

Bahkan ada yang percaya bahwa ikan-ikan itu adalah jelmaan dari prajurit yang kembangkan pemerintahan Prabu Siliwangi kala itu.

 Kemendes

Kemudian yang kedua adalah petilasan Prabu Siliwangi, banyak wisatawan baik dalam maupun manca negara yang tidak mau kehilangan kesempatan untuk mengunjungi wisata tersebut.

Selanjutnya, di tempat itu juga terdapat 7 sumur kramat, konon bagi yang berwudhu atau sekedar cuci muka di sumur tersebut akan dikabulkan semua doanya dan keinginannya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini