Kembangkan Budaya Lokal Mempawah Melalui Festival Sahur-Sahur

Ade Putra, Okezone · Sabtu 02 Juni 2018 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 02 340 1905591 kembangkan-budaya-lokal-mempawah-melalui-festival-sahur-sahur-iL7cDS5Hxt.jpg Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Kalbar (foto: Ade Putra/Okezone)

MEMPAWAH - Festival Sahur-Sahur ke XVI/2018 di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat resmi dibuka, Jumat 1 Juni 2018 malam. Festival yang menjadi agenda tahunan ini menjadi perhelatan yang ditunggu-tunggu warga.

Festival yang memperebutkan piala bergilir Kemenpora RI ini juga dibuka oleh Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Didi Haryono. Menurut Kapolda, pelaksanaan festival ini sebagai bentuk respon positif yang dituangkan dalam kegiatan bersama elemen pemerintah dengan masyarakat, terutama kaum generasi muda dalam memeriahkan bulan suci Ramadan.

Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Kalbar (foto: Ade P/Okezone)Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Kalbar (foto: Ade P/Okezone)

“Ajang Festival Sahur-sahur ini diharapkan dapat mengembangkan minat, ide kreatif, bakat, serta budaya lokal yang ingin memajukan Kalbar dari perspektif pariwisata,” kata dia usai pembukaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Mempawah, Nanik Sawitrimengatakan, untuk menyukseskan event ini, pihaknya menggandeng EO Galaherang Kresindo (GK).

“Ada 151 grup atau tim yang meramaikan festival ini,” ujar Nanik.

Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Kalbar (foto: Ade P/Okezone)Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Kalbar (foto: Ade P/Okezone)

Nanik mengatakan, penyelenggaraan Festival Sahur-Sahur ini akan menyuguhkan nuansa yang berbeda. Yakni dengan dibukanya stand pameran dari sejumlah pihak swasta yang berkontribusi dalam mendukung suksesnya festival tahunan masyarakat Kabupaten Mempawah itu.

“Nanti akan dibuka stand-stand pameran dari para sponsor yang berpartisipasi mendukung festival ini. Sehingga masyarakat pengunjung nanti juga bisa menikmati produk-produk yang ditampilkan di arena pameran. Juga ada produk khas Mempawah,” tuturnya.

Dia berharap, festival ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang serta menikmati ragam seni budaya masyarakat yang ada di Mempawah. “Saya optimis tujuan dari gelaran ini akan tercapai dan dapat berlangsung dengan meriah dan semarak,” ucapnya.

Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Kalbar (foto: Ade P/Okezone)Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Kalbar (foto: Ade P/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini