Jokowi: Kalau Bisa Urus Izin Usaha Kurang dari Satu Jam, Baru Bangga!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 19:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 06 337 1918996 jokowi-kalau-bisa-urus-izin-usaha-kurang-dari-satu-jam-baru-bangga-kzwv8Xw4Tw.jpg Jokowi. (Foto: Fakhrizal F/Okezone)

TANGERANG - ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah untuk memangkas birokasi agar mempercepat pengurusan perizinan yang ada di daerahnya.

Kepala Negara mengatakan, saat ini sudah tidak zamannya lagi pengurusan izin memakan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Menurut dia, pengurusan izin harus rampung dalam hitungan jam.

"Ada kepala daerah ke saya bangga, Pak ngurus izin sekarang di tempat saya mudah, enggak sampai seminggu, saya bilang jangan bangga, enggak sampai seminggu saja bangga. Kalau enggak sampai sejam baru kita bangga," kata Jokowi‎ saat menghadiri‎ Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (Apkasi), di BSD, Tangerang, Jumat (6/7/2018).

Menurut Jokowi, waktu pengurusan izin yang lama di daerah dapat membuat para investor mengurungkan niatnya untuk berinvestasi di Indonesia. Alhasil, para investor tersebut akan berpindah ke tempat lain.

Jokowi. Foto: Antara

"Investor mana yang mau ke daerah, kalau keadaannya seperti sekarang masih diteruskan (izin diperlama)," ucap Jokowi.

Ia menjelaskan, saat ini waktu pengurusan izin di pemerintah pusat melalui BKPM, hanya membutuhkan waktu satu jam untuk sembilan perizinan. Pemerintah juga nantinya akan diluncurkan fasilitas Online Single Submission (OSS) guna mempercepat pengurusan izin sampai ke daerah.

"Ini bisa dilihat mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dimana yang berhenti (proses izinnya), jamannya sekarang ini serba cepat. Negara yang cepat akan mengalahkan yang lambat," papar Jokowi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini