nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Heroik Prajurit TNI Bantu Warga Melahirkan di Mobil Patroli

Ade Putra, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 10:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 06 340 1918725 kisah-heroik-prajurit-tni-bantu-warga-melahirkan-di-mobil-patroli-nl1JYg18lP.jpg

BENGKAYANG - Tangis haru dan kegembiraan tampak dari wajah Yanto dan Antonia Supriyani. Warga Dusun Sungai Durian, Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat ini bahagia karena baru saja dikaruniai seorang anak.

Perempuan 26 tahun itu selamat dalam proses persalinannya. Meski saat detik-detik melahirkan, tak satu pun tim medis atau bidan yang mendampinginya. Bahkan, Supriyani melahirkan di atas mobil patroli TNI. Kala itu, ia rencananya akan dibawa ke tempat persalinan terdekat.

"Prajurit kita, Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di Bengkayang berhasil membantu menyelamatkan keluarga di desa binaannya. Salah seorang warga di sana, melahirkan dengan selamat di atas kendaraan dinas prajurit kita," kata Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura (Tpr), Letnan Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe di Media Center Kodam XII/Tpr, Pontianak, Jumat (6/7/2018).

Kapendam menceritakan, berdasarkan laporan dari Danramil 1202-01/Bengkayang, Kapten Inf Asswani Kunto, upaya pertolongan ini bermula ketika prajurit TNI melakukan anjangsana dan Komunikasi Sosial (Komsos) di desa binaan masing-masing para Babinsa. Hal itu dilakukan rutin dalam rangka menjaga dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Apalagi paska pemungutan suara Pilgub Kalbar.

"Jadi, setelah diberi arahan oleh Danramil Bengkayang, para Babinsa berangkat ke desa binaan masing-masing. Termasuk Koptu Uray Ijas Sugiantoro dan Kopda Syamsul Hadi Irawan yang wilayah binaannya di Desa Bengkayang. Saat anjangsana di rumah Ketua RT, di Dusun Sungai Durian, tiba-tiba datang seorang warga minta pertolongan," jelasnya.

Foto: Ade Putra/Okezone

Kedua Babinsa ini kemudian bergegas memberikan pertolongan. Setibanya di rumah warga yang minta tolong, mereka melihat seorang perempuan merintih kesakitan akan melahirkan. “Warga yang minta bantuan tersebut bernama Pak Yanto. Istrinya, Bu Antonia Supriyani, sedang hamil tua. Kemudian kedua Babinsa bergegas membawa mereka menggunakan mobil patroli Koramil 01 Bengkayang, menuju RSUD Kabupaten Bengkayang,” papar Kapendam.

Belum sempat menginjak rumah sakit atau baru sampai di depan rumah sakit, bayi dalam kandungan tersebut duluan lahir. "Setelah melahirkan, tim medis rumah sakit kemudian melakukan tindakan medis di atas mobil dinas Koramil," jelasnya.

Bayi tersebut terlahir dalam kondisi sehat dan normal. Jenis kelaminnya perempuan. “Alhamdulillah, meskipun dalam keadaan darurat, telah lahir bayi ini dengan selamat dan sehat walafiat. Begitu juga ibunya. Saat ini masih mendapat perawatan di RSUD Bengkayang,” syukur Kapendam.

Sementara itu, Supriyani mengaku tidak ada firasat atau tanda-tanda akan melahirkan walau dalam keadaan hamil tua. "Awalnya perut saya tidak terasa sakit, namun karena bergerak dan berjalan, tiba-tiba basah. Karena ragu saya meminta bantu suami. Rupanya air ketuban sudah keluar sebagai tanda melahirkan," terangnya.

Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan dari prajurit TNI yang bertugas di Bengkayang, kabupaten yang berbatasan dengan Sarawak, Malaysia itu. "Belum sempat masuk ke ruang persalinan, bayi saya sudah lahir dahulu. Saya bersyukur ada bantuan dari pihak tentara sehingga saya bisa dibawa langsung ke RSUD. Kalau tidak entah apa yang terjadi," kenangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini