Intip Kiprah Prajurit TNI yang Tak Lelah Ajarkan Suku Anak Dalam

Abimayu, Okezone · Senin 23 Juli 2018 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 22 340 1925831 intip-kiprah-prajurit-tni-yang-tak-lelah-ajarkan-suku-anak-dalam-d8nBeKNI6h.jpg Foto: Okezone

SAROLANGUN - Keberadaan Suku Anak Dalam di Propinsi Jambi tersebar hampir diseluruh kabupaten. Namun perhatian serius terhadap suku minoritas di Jambi ini dilakukan anggota Kodim 0420/Sarko yakni di Kabupaten Sarolangun dan Merangin.

Salah satunya yang ada di Desa Lubuk Jering kecamatan Air Hitam kabupaten Sarolangun. Di lokasi ini, anggota TNI bekerja sama dengan Pemkab Sarolangu menyediakan lokasi perkampungan madani, bahkan dilokasi ini semua fasilitas dipenuhi agar Suku Anak Dalam ini tidak lagi hidup berpindah-pindah.

Saat ini lokasi perkampungan madani ratusan anggota TNI tanpa lelah terus bekerja membangun kampung suku anak dalam, mulau dari perumahannya, fasilitas umum, hingga bercocok tanamnya.

Dandim 0420/Sarko Letkol Rohyat HA mengatakan pihaknya saat ini selain berkonsentrasi penuh terhadap pembangunan fisik, pihak juga sedang meningkatkan pola pikir warga rimba ini.

 TNI

"Ya, kita saat ini terus secara pelan-pelan merubah mainset warga rimba ini agar tidak lagi hidup mengandalkan alam, kita ajarkan bercocok tanam, memlihara ikan, hingga bagaimana cara memasaknya" jelas Rohyat

Dikatakan Rohyat, pihaknya selalu sabar menghadapi cara berpikir warga rimba ini.

"Kita harus sabar, sebab kita merubah pola hidup dan cara berfikir warga rimba, dan ini tidak mudah. Salah satu contoh saat kita mengajarkan bercocok tanam, kita harus mengajar dari cara memegang cangkul" terangnya sambil tersenyum.

 TNI

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini