nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Peduli-Yayasan Jalinan Kasih Gelar Operasi Katarak Gratis di Perbatasan RI-Timor Leste

Adi Rianghepat, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 19:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 10 340 1934872 mnc-peduli-yayasan-jalinan-kasih-gelar-operasi-katarak-gratis-di-perbatasan-ri-timor-leste-WF71yT4roM.jpg MNC Peduli dan Yayasan Jalinan Kasih selenggarakan operasi katarak gratis di NTT (Foto: Ist)

KUPANG - MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih bekerjasama dengan RS Marianum Halilulik Atambua di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menggelar bakti sosial operasi gratis katarak bagi warga yang bermukim di wilayah batas negara RI-Timor Leste itu.

Kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan selama tiga hari sejak Jumat 10 Agustus hingga 12 Agustus 2018 itu menyasar warga kurang mampu di komunitas adat terpencil (KAT) Desa Maudemu yang sebelumnya telah dilibatkan dalam pemeriksaan khusus mata.

Sebagaimana rilis yang diterima Okezone di Kupang Kamis (10/8/2018), bakti sosial operasi katarak gratis itu akan diberikan kepada 50 orang pasien yang terdiri dari sekitar 12 orang pasien dari hasil pemeriksaan warga KAT Maudemu untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan serta operasi bagi yang layak dan 38 orang pasien katarak dari daerah Atambua dan sekitarnya.

Kepala Rumah Sakit Marianum Halilulik, dr Fabianus Lau menyampaikan, bahwa bakti sosial operasi katarak massal ini termasuk kegiatan yang dinantikan oleh masyarakat Atambua dan sekitarnya, mengingat keterbatasan dokter spesialis yang ada di rumah sakit. Dengan demikian maka aksi sosial yang dilakukan MNC Peduli dan Yayasan Jalinan Kasih ini menjadi sebuah even yang akan memberi manfaat bagi masyarakat miskin di serambi negara itu.

Perwakilan Kementerian Sosial RI Ani Iriani mengaku kerja sama MNC Peduli dan Jalinan Kasih ini adalah kerja sama yang sangat memberi manfaat bagi masyarakat terutama yang berada di pelosok negeri yang jauh dari akses fasilitas kesehatan yang memadai. Karenanya dia berharap kerja sama itu harus terus disinergiskan dan terus berjalan secara kontinyu di hari-hari mendatang.

"Kerjasama antara Kementerian Sosial dengan MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih ini sudah berlangsung cukup lama dan kami berharap ke depannya terus ada sinergi dalam pelaksanaan program MNC Peduli dengan Kementerian Sosial," katanya.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyampaikan pesannya melalui Ketua Harian MNC Peduli Syafril Nasution, bahwa kegiatan sosial berupa operasi katarak di Atambua ini adalah salah satu wujud kepedulian MNC Peduli terhadap masyarakat Indonesia khususnya yang ada di wilayah peebatasan negara itu.

Disampaikannya bahwa aspek kesehatan adalah salah satu kebutuhan dasariah masyarakat yangbharus mendapatkan pemenuhannya. Dan karenanya MNC Peduli memulainya dengan melakukan sejumlah aksi sosial ini tang diharapkan akan memberikan dampak bagi pemenuhan kebuuhan kesehatan maayarakay, terutam bagi masyarakat yang kurang beruntung dari aspek ekonomi.

"Kami akan terus dan tetap fokus tentang kepedulian pada program kesehatan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat," katanya.

Selain pelaksanaan operasi katarak ini, kegiatan lain akan tetap dijalankan seperti bantuan pemberian alat kesehatan, kaki palsu serta alat bantu dengar. "MNC juga akan terus menyalurkan bantuan lain di bidang keagamaan, pendidikan hingga bantuan infrastruktur terutama di daerah-daerah terpencil seperti pembangunan jembatan yang menghubungkan beberapa desa," katanya.

Aksi sosial operasi katarak gratis terselenggara, salah satunya berkat bantuan para pemirsa yang telah ikut berdonasi. MNC juga akan terus membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendonasikan bantuannya dengan menyalurkannya melalui rekening bank Atas Nama : Yayasan Jalinan Kasih melalui : MNC BANK 100-01-00000-9851-5, MANDIRI 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119. Bisa juga menghubungi Yayasan Jalinan Kasih di nomor telepon 021-3909-103 atau Facebook dengan akun "Yayasan Jalinan Kasih". (Kha)

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini