nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

22 Daerah di Jabar Kekeringan, Ratusan Ribu Warga Butuh Air Bersih

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 10:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 05 525 1946222 22-daerah-di-jabar-kekeringan-ratusan-ribu-warga-butuh-air-bersih-yBaackSvVF.jpg Ilustrasi

BANDUNG - Terhitung semenjak Agustus 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar mencatat ada 22 Kota dan Kabupaten yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih. Akibat kemarau yang melanda, ratusan ribu warga kesulitan air bersih dan puluhan ribu lahan mengalami kekeringan.

"‎Berdasarkan data 5 September 2018, ada 286.802 Kepala Keluarga yang terdampak karena kekurangan air bersih, dan terdapat 41.946 lahan yang mengalami kekeringan," kata PusdalOps BPBD Jabar, Budi Budiman, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (5/9/2018).

Kota dan Kabupaten yang terdampak kekurangan air bersih dan kekeringan lahan diantaranya, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Puwarkarta, Kota Sukabumi kekeringan air penduduk dan 198 hektar lahan kekeringan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Pangandaran.

"Upaya yang dilakukan, BPBD Jabar telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 4.307.915 liter air, ke Kota dan Kabupaten yang terdampak kekeringan," ungkap dia.

Diketahui, BPBD Jabar bersama dengan pemerintah provinsi, telah menetapkan siaga darurat kekeringan per‎tanggal 1 Agustus 2018. Bencana kekeringan ini diprediksi bakal terjadi hingga 31 Oktober 2018.

"BPBD Jabar, selalu terus berkordinasi dengan BPBD dan DPKPB Kabupaten Kota dalam memberikan informasi lanjutmengenai data dan upaya penanganan bencanan kekeringan selanjutnya," jelas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini