nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hubungan Makin Dekat, Arab Saudi Beli Sistem Pertahanan Rudal Iron Dome dari Israel

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 14 18 1950351 hubungan-makin-dekat-arab-saudi-beli-sistem-pertahanan-rudal-iron-dome-dari-israel-pUb4t8ID1M.jpg Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel. (Foto: IDF)

RIYADH – Arab Saudi dilaporkan telah membeli sistem pertahanan rudal Iron Dome dari Israel yang menyiratkan kedekatan antara kedua negara. Kesepakatan pembelian sistem pertahanan rudal itu diungkap oleh beberapa sumber diplomatik dari Kerajaan Petrodolar tersebut yang dikutip dalam laporan Al-Khaleej Online.

Middle East Monitor, Jumat (14/9/2018) mewartakan, dari keterangan yang didapat dari sumber-sumber tersebut, Arab Saudi tidak hanya menginginkan konvergensi politik dengan Israel tetapi juga mencapai tingkat di mana negara itu dapat secara terbuka membeli senjata berat dan maju dari Tel Aviv seperti yang dilakukan oleh Uni Emirat Arab.

BACA JUGA: Putra Mahkota Arab Saudi: Warga Israel Berhak Tinggal di Tanah Mereka

Dalam wawancara dengan surat kabar Saudi, Elaph baru-baru ini, Kepala Staf Militer Israel, Gadi Eisenkot mengatakan bahwa hubungan antara Israel dan Arab Saudi saat ini merupakan yang terbaik yang pernah terjadi. Eisenkot bahkan mengatakan bahwa tentara Israel siap untuk berbagi informasi intelijen untuk menghadapi pengaruh Iran di kawasan.

Seorang mantan pejabat tinggi militer Israel sebelumnya juga mengatakan bahwa dia telah bertemu dengan dua pemimpin Saudi yang berpengaruh, yang mengonfirmasi bahwa Israel tidak lagi dianggap sebagai musuh oleh Riyadh.

BACA JUGA: Kepala Militer Israel Klaim Ingin Kerjasama dengan Arab Saudi untuk Melawan Iran

Sumber-sumber tersebut juga mengonfirmasi bahwa Arab Saudi baru-baru ini telah meyakinkan Israel melalui mediasi dari Amerika Serikat (AS) dalam pertemuan tiga pihak di Washington, untuk menjual sistem Iron Domenya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini