nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Badan Siber dan Sandi Negara MoU dengan 8 Kota Terbitkan Sertifikat Elektronik

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 19:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 14 337 1950645 badan-siber-dan-sandi-negara-mou-dengan-8-kota-terbitkan-sertifikat-elektronik-rmSHpsLyRK.jpg

JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaksanakan nota kesepahaman atau MoU dengan delapan kota untuk memperkuat layanan e-Goverment yang memanfaatkan sertifikat elektronik.

Deputi Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Irjen Dharma Pongrekun mengatakan, Mou dengan delapan kota seperti Kepulauan Riau, Samarinda, Kabupaten Bandung, Kudus, Tabalong, Deli Serdang, Kediri dan Kudus yang merupakan kelanjutan program prioritas nasional.

"Ini adalah merupakan kelanjutan daripada program prioritas nasional yang telah dicanangkan sesuai dengan undang-undang nomor 11 tahun 2011 tentang informasi dan transaksi elektronik dan juga pelaksanaannya dalam PP 82 tahun 2012 tentang sistim penyelenggaraan transaksi elektronik," kata Dharma di Markas BSSN, Jalan Harsono, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2018).

Dharma menerangkan sertifikat elektronik ini merupakan tata kelola pemerintahan yang berbasis elektronik untuk merespon perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di era digital untuk mendukung layanan publik.

"Dalam hal elektronik yang selama ini kita kenal dengan e-goverment dengan kasus melakukan akuntabilitas public transparency tetapi juga integritas dan kerahasiaannya tetap terjaga dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik secara online," ucapnya.

Sertifikasi elektronik ini sangat dibutuhkan untuk menjamin dan perlindungan ketersediaan, keutuhan, keotentikan, kerahasiaan dan keteraksesan informasi elektronik dalam penyelenggaraan publik.

"Ini dapat memberikan kemudahan akses dan kecepatan layanan," tutupnya.

Untuk diketahui, penandatanagan kerjasama ditandatangi langsung oleh Kepala Balai BSSN, Rinaldy dengan Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Penanaman Modal satu Pintu.

Kerjasama ini dilakukan terkait penyediaan infrastruktur teknologi infomasi yang mendukung penerapan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan Sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini