nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemungutan Suara Ulang Pilkada Sampang Digelar 27 Oktober

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 11:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 18 340 1951985 pemungutan-suara-ulang-pilkada-sampang-digelar-27-oktober-0qVErYU7L6.jpg ilustrasi.

SURABAYA – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Sampang, Jatim dijadwalkan akan digelar pada 27 Oktober 2018. Itu sesuai dengan instruksi Mahmakah Konstitusi (MK) yang memerintahkan Pilkada Sampang harus diulang.

Saat ini KPU Sampang sedang melakukan pencermatan terhadap sejumlah pemilih yang dianggap bermasalah. Selanjutnya nanti akan ditetapkan sebagai DPT untuk Kabupaten Sampang.

"PSU Sampang akan digelar pada 27 Oktober 2018. Saat ini KPU Sampang sedang melakukan berbagai persiapan, salah satunya mencermati data pemilih," terang Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam, Selasa (18/9/2018).

Menurut Anam, MK memberikan waktu dua bulan terhadap KPU Sampang untuk melaksanakan PSU. KPU Sampang akan mematuhi putusan dari MK tersebut supaya tidak terjadi persoalan nantinya.

Ilustrasi Pilkada (Okezone)

"Kami berharap pelaksanaan PSU di Sampang nanti bisa berjalan lancar dan aman. Sehingga kondisi yang sudah kondusif ini tetap terjaga," tandasnya.

Seperti diketahui, pasangan Hermanto-Suparto mengajukan gugatan terkait perselisihan hasil Pilkada Sampang ke MK. Pasangan ini menuding telah terjadi pelanggaran dalam proses Pilkada Sampang.

Itu karena pasangan Hermanto-Suparto kalah dari pasangan Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat dengan selisih 4.445 suara. Pasangan Hermanto-Suparto meraih 252.676 suara, sementara pasangan Slamet Junaidi-Abdullah mendapat 257.121 suara.

(Baca Juga : MK Putuskan Pilkada di Sampang Harus Diulang)

Kemudian MK mengabulkan gugatan pasangan Hermanto-Suparto dengan memutuskan PSU Pilkada Sampang dengan mendasarkan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah diperbaiki.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini