nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hobi Kusumo Koleksi Lukisan Nyai Roro Kidul hingga Kerap Menjumpai Hal Gaib

Bramantyo, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 04:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 08 512 1960863 hobi-kusumo-koleksi-lukisan-nyai-roro-kidul-hingga-kerap-menjumpai-hal-gaib-Vl66VMLftr.jpg BRM Kusumo Putro memiliki hobi mengoleksi lukisan Nyai Roro Kidul. (Foto : Bramantyo/Okezone)

SOLO – Pria satu ini tergolong memiliki hobi yang sangat unik. Biasanya kebanyakan orang memiliki hobi mengumpulkan barang-barang antik dan unik.

Namun, pemilik nama lengkap BRM Kusumo Putro ini justru memiliki hobi mengumpulkan koleksi barang-barang seni bernilai tinggi, salah satunya lukisan penguasa Laut Selatan, Nyai Roro Kidul.

Saat Okezone berkunjung ke kantornya di dalam Kompleks Sriwedari, pria yang akrab disapa Kusumo ini tengah memandang dua buah lukisan berukuran cukup besar Nyai Roro Kidul yang terpasang di dinding kantornya.

"Ini lukisan Nyai Roro Kidul menggunakan baju kebesarannya tengah bersiap menuju ke Kraton Ngayogyakarta untuk mengikuti suatu pertemuan. Di sampingnya, juga lukisan Kanjeng Ratu Kidul yang hendak mandi," ungkap Kusumo mengawali pembicaraan sambil menunjukkan dua lukisan Nyai Roro Kidul, Minggu (7/10/2018).

Lukisan Nyai Roro Kidul milik BRM Kusumo Putro. (Foto : Bramantyo/Okezone)

Di lukisan tersebut, tergambar sosok perempuan menggunakan kemben atau kemban semacam pakaian tradisional yang biasa dipakai perempuan Jawa berwarna hijau, tergambar tengah berjalan di atas ombak laut.

Sedangkan di sampingnya, Nyai Roro Kidul tengah mengurai rambutnya yang hitam panjang.

Menurut Kusumo yang juga Ketua Lembaga Pemerhati dan penyelamat Seni Budaya Indonesia (DPPSBI) mengatakan sejak akhir 2017, dirinya sudah memiliki lukisan Nyai Roro Kidul sebanyak 14 lukisan.

Target Kusumo, hingga akhir 2019 nanti, dirinya bisa mengoleksi lukisan Nyai Roro Kidul sebanyak 50 lebih lukisan. Yang membedakan, lukisan ini dipesan langsung dari para pelukisnya.

Lukisan Nyai Roro Kidul milik BRM Kusumo Putro. (Foto : Bramantyo/Okezone)Lukisan Nyai Roro Kidul milik BRM Kusumo Putro. (Foto : Bramantyo/Okezone)

"Saya meminta tiga orang pelukis untuk melukiskan langsung. Semua alat-alat lukisnya dari saya. Sebelum mereka saya minta untuk melukis, alat-alat lukis ini saya bawa terlebih dahulu ke Parangkusumo," terangnya.

Meski meminta pelukis untuk melukis Nyai Roro Kidul, ungkap Kusumo, bukan berarti para pelukis ini bisa seenaknya melukis Nyai Roro Kidul. Mereka diminta melukis sesuai dengan gambaran yang diberikan langsung oleh Kusumo.

"Jadi lama juga terkumpulnya. Soalnya, mereka (para pelukis) ini menggambar sesuai pemikiran saya. Jadi para pelukis ini tidak bisa melukis seenaknya,"ungkapnya.

Hanya saja, para pelukis ini mayoritas menolak melukis Nyai Roro Kidul dengan menggunakan kemban berwarna putih dengan selendang berwarna kuning. Mereka menolak melukisnya. Alasannya, mereka tak ingin ikut dengan Nyai Roro Kidul.

"Sebenarnya saya ingin punya lukisan Nyai Roro Kidul berpakaian putih. Tapi banyak yang tidak berani melukiskannya. Saat saya tanya kenapa, mereka jawab, saya tidak mau ikut Nyai Roro Kidul. Yang artinya mati. Soalnya, Kemban putih itu kan diidentikkan kain kafan," terangnya.

Sejak dirinya mengoleksi lukisan Nyai Roro Kidul, diakui Kusumo hal-hal gaib kerab dia jumpai. Seperti bau harum bunga sering muncul tiba-tiba. Belum lagi, bila memandang lukisan Nyai Roro Kidul, mata di lukisan itu seperti hidup.

Lukisan Nyai Roro Kidul milik BRM Kusumo Putro. (Foto : Bramantyo/Okezone)

Saat ditanyakan mengapa dirinya ingin mengkoleksi lukisan Nyai Roro Kidul, Kusumo mengatakan Nyai Roro Kidul ini memang sangat dikenal luas di kawasan Pulau Jawa.

(Baca Juga : Simpanse Bisa Ajarkan 5 Hal Penting terkait Politik kepada Manusia)

Utamanya Solo dan Yogyakarta. Selain itu, sosok Nyai Roro Kidul dipercaya adalah istri gaib dari Panembahan Senopati, Raja Maratam.

(Baca Juga : Ketika Suasana Haru Menyelimuti Ijab Kabul Pasangan Penyandang Tunarungu)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini