nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 13 Nama Saksi Kasus Gratifikasi Bupati Malang yang Diperiksa KPK

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 16:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 15 519 1964330 ini-13-nama-saksi-kasus-gratifikasi-bupati-malang-yang-diperiksa-kpk-FGLcppFy5m.jpg Bupati Malang Rendra Kresna (foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa 13 orang saksi terkait dugaan gratifikasi yang menyeret Bupati Malang Rendra Kresna. Dari 13 orang saksi yang diperiksa, 8 orang di antaranya berasal dari pihak swsta, 4 orang dari PNS di lingkungan Pemkab Malang, dan satu orang merupakan dosen Universitas Negeri Malang yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang 2012 -2013.

Di antara pihak swasta yang diperiksa di Polres Malang, yakni Andi Rahardiansyah, Ari Rukmana Timur, Arief Maulana, Arief Soebianto, I Gusti Ayu Putu Budiastuti, Chris Harijanto, Dadang Kurniawan, dan Denny Kusum.

(Baca Juga: Dalami Gratifikasi Bupati, Penyidik KPK Jadwalkan Pemeriksaan 13 Orang Saksi di Malang)

Penyidik KPK Melakukan Pemeriksaan di Kabupaten Malang, Jawa Timur (foto: Avirista M/Okezone)	Penyidik KPK Melakukan Pemeriksaan di Kabupaten Malang, Jawa Timur (foto: Avirista M/Okezone) 

Sementara dari pegawai di lingkungan Pemkab yakni Budi Iswoyo selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan, Budiono asisten pribadi Bupati Malang tahun 2010 hingga sekarang, Dwidjo Siswojo yang merupakan PNS dengan jabatan Kepala Sub Bagian Keuangan di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang, serta Bambang Setiono selaku Kepala Bidang TK / SD tahun 2012 - 2013 Disdik Kabupaten Malang.

Satu saksi lagi yang hadir yakni Edi Suhartono dosen Universitas Negeri Malang yang pernah menjabat Kadisdik Kabupaten Malang tahun 2012 hingga 2013.

Pemeriksaan dimulai pukul 10.00 WIB Senin pagi. Hingga Senin sore (15/10 /2018) pukul 15.00 WIB sejumlah saksi masih tampak diperiksa penyidik di Aula Bhayangkari Polres Malang, Kepanjen, Kabupaten Malang.

(Baca Juga: Bupati Malang Jalani Pemeriksaan Perdana di KPK Pasca-Ditetapkan sebagai Tersangka) 

Sebelumnya sejumlah 15 orang saksi telah memenuhi panggilan penyidik KPK guna menjalani pemeriksaan KPK di Polres Malang sepanjang Jum'at dan Sabtu pekan lalu. Bupati Malang Rendra Kresna disangkakan KPK tersangkut dua kasus suap dan gratifikasi dari pihak swasta yang mengerjakan proyek di Dinas Pendidikan.

Rendra diduga dari dua kasus tersebut menerima uang Rp7 miliar, masing-masing Rp3,45 miliar dari Ali Murtopo dan Rp3,55 miliar dari Eryk Armando Talla.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini