nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ingin Seluruh Pemda Tiru DKI dalam Fasilitasi Penyandang Disabilitas

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 12:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 16 337 1964655 jokowi-ingin-seluruh-pemda-tiru-dki-dalam-fasilitasi-penyandang-disabilitas-O4WWw6CN6h.jpg Presiden Jokowi dan jajaran meninjau fasilitas penyandang disabilitas di GBK Senayan. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh kepala daerah mencontoh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memfasilitasi penyandang disabilitas. Pemprov DKI memiliki trotoar yang dilengkapi guiding block hingga Transjakarta Cares guna menjadi alat transportasi bagi penyandang disabilitas.

(Baca juga: Tinjau Fasilitas bagi Penyandang Disabilitas di GBK, Jokowi: 80% Sudah Baik)

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bahkan berencana merekrut sebanyak mungkin penyandang disabilitas sebagai pegawai negeri sipil (PNS) pada 2018.

"Seluruh masukan ruang publik, fasilitas umum, transportasi akan kami dorong penuh untuk ramah terhadap disabilitas," kata Jokowi saat meninjau fasilitas penyandang disabilitas di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Kepala Negara juga ingin mendorong adanya pajak intensif bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus itu. Kemudian ia ingin bertemu para penyandang disabilitas guna membahas bersama.

(Baca juga: Presiden Jokowi Ingatkan Regulasi Tak Boleh Hambat Inovasi)

"Bisa juga dengan insentif yang lain. Nanti saya akan mengundang rekan-rekan kita, disabilitas, untuk bicara masalah ini. Mungkin bisa saja diberikan insentif atau dikaitkan dengan fasilitas pajak, atau izin layak fungsi semua saya kira," sambungnya.

"DKI sudah beberapa menerapkan itu yang layak fungsi dikaitkan dengan izin-izin itu," tambah Jokowi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini