nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Akses Koran Sin Po, Media Bersejarah Asal Indonesia? Klik di Sini

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2018 13:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 27 18 1969699 mau-akses-koran-sin-po-media-bersejarah-asal-indonesia-klik-di-sini-FRulV3nVkW.jpg Koleksi Koran Sin Po di Monash University. (Foto : ABC Australia/Sastra Wijaya)

JAKARTA – Koran Sin Po kini bisa diakses secara digital. Koran yang pertama kali terbit pada 1 Oktober 1990 tersebut telah didokumentasikan oleh Monash University di Melbourne, sehingga bisa diakses secara digital.

Koleksi koran Sin Po secara digital oleh Monash University itu diluncurkan pada 25 Oktober di kampus tersebut, Clayton, Australia. Koleksi koran Sin Po secara digital itu bisa diakses di https://repository.monash.edu/collections/show/117.

Berdasarkan penelusuran Okezone, Sabtu (27/10/2018), dalam laman tersebut, pembaca dapat mengakses koleksi koran Sin Po dalam bentuk digital, mulai dari 1923 hingga 1941. Dalam laman ini juga terdapat pengantar soal koran Sin Po. Koran yang terbit mingguan itu pertama kali terbit pada 1 Oktober 1910.Koran Sin Po sendiri diinisiasi oleh peranakan Tionghoa di Jakarta.

Dituliskan, Sin Po memiliki peran penting dalam perkembangan bahasa dan budaya Indonesia. Surat kabar mingguan itu juga berkontribusi dalam membentuk bahasa Indonesia. Selain itu, kata-kata dalam bahasa Hokkien dalam surat kabar tersebut juga ada beberapa yang diserap dalam bahasa Indonesia.

Sementara itu, Menurut Dr Rheny Pulungan, seorang warga Indonesia yang sekarang bekerja di Perpustakaan Monash University mengatakan proyek untuk mendigitalkan koleksi koran Sin Po dilakukan sejak setahun terakhir.

Koleksi koran Sin Po. (Foto : ABC Australia/Sastra Wijaya)

Selain karena untuk melestarikan informasi yang ada di dalam koran-koran tersebut, Rheny Pulungan mengatakan bahwa selama ini banyak peneliti yang ingin mengakses koran Sin Po harus datang langsung ke Monash.

"Dengan proyek digitalisasi ini, akses terhadap koran Sinpo sebagai bagian dari sejarah akan lebih luas." kata Rheny kepada wartawan ABC Australia, Sastra Wijaya.

(Baca Juga : Koran Sin Po, Media Bersejarah di Indonesia Dibuat Bentuk Digital oleh Monash University)

Sekadar diketahui, Koran Sin Po merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia karena sebelumnya sudah banyak diberitakan sebagai koran pertama yang menggunakan kata Indonesia untuk menggantikan "Hindia Belanda" kawasan yang dulunya dijajah Belanda, dan kemudian merdeka di tahun 1945.

Koran Sin Po juga merupakan surat kabar pertama yang, pada bulan November 1928, menyiarkan lagu Indonesia Raya gubahan Wage Rudolf Supratman, ketika media lain tidak berani memuat lagu yang kemudian menjadi lagu kebangsaan Indonesia tersebut.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini