nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seorang Pendaki Puncak Cartenz Meninggal Akibat Tertimpa Batu

Saldi Hermanto, Jurnalis · Minggu 04 November 2018 13:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 04 340 1973114 seorang-pendaki-puncak-cartenz-meninggal-akibat-tertimpa-batu-fS7aoTsQjS.jpg Evakuasi jasad pendaki Andika Pratama dari Basecamp Yellow Valley Tembagapura. (Foto: Ist)

TANGERANG – Seorang pendaki gunung yang merupakan pemandu pendakian Puncak Cartenz meninggal dunia setelah tertimpa runtuhan batu pada Sabtu 3 November 2018 di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Okezone, kabar meninggalnya korban yang diketahui bernama Andika Pratama itu setelah pendaki lainnya bernama Arlen melaporkan via sambungan telepon satelit dari Base Camp Yellow Valley pada Sabtu sekira pukul 11.30 WIT kepada salah satu rekan korban bernama Sofyan.

Saat itu Sofyan sedang siaga di Timika. Arlen melaporkan bahwa korban Andika Pratama meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan batu.

(Baca juga: Hutan Gunung Lawu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup)

Mendapat laporan tersebut, sekira pukul 13.00 WIT dilakukan proses evakuasi menggunakan helikopter milik Komala Air. Namun, cuaca sedang buruk sehingga proses evakuasi belum berhasil dilakukan. Helikopter pulang dan baru dilanjutkan pagi ini, Minggu (4/11/2018).

Proses evakuasi yang dilakukan pagi tadi pun berhasil. Jasad korban kemudian dibawa ke Kamar Jenazah RSUD Mimika.

Puncak Gunung Cartenz. (Foto: Ist)

Pjs Kapolres Mimika AKBP Fernando Sanches Napitupulu saat dikonfirmasi Okezone dari Tangerang, membenarkan adanya insiden tersebut. "Korban meninggal tertimpa runtuhan batu. Kemarin sudah dilakukan proses evakuasi, hanya saja terkendala cuaca yang buruk makanya dibatalkan," jelasnya.

Setelah berhasil dievakuasi dan dibawa ke RSUD Mimika, jenazah korban dilakukan visum luar oleh dokter. "Korban sudah dilakukan visum luar, sudah dimandikan, sudah dikafankan dan disemayamkan," ujar AKBP Fernando.

(Baca juga: Gunung Soputan Siaga, Masyarakat Diminta Jauhi Radius 4 Kilometer)

Selanjutnya siang ini pada pukul 14.00 WIT, jenazah korban akan diberangkatkan ke Jakarta menggunakan maskapai Garuda. "Rencana siang ini ini mau diberangkatkan ke Jakarta pukul 14.00," ujarnya.

Diketahui bahwa korban dari Timika menuju Base Camp Yellow Valley pada 29 Oktober 2018 menggunakan helikopter Komala Air dalam rangka pendakian Puncak Cartenz Pyramid.

Korban Andika Pratama tercatat beralamat di Jalan Padang Golf Nomor 18, RT 04 RW 01, Desa Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat. Korban bekerja sebagai karyawan swasta di CV Cesta Adventure sebagai pemandu (guide).

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini