nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Tanzania Jaga Jarak dengan Penindakan LGBTQ

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 05 November 2018 15:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 05 18 1973538 pemerintah-tanzania-jaga-jarak-dengan-penindakan-lgbtq-T1GrU5Dl5k.jpg Foto: Reuters.

DAR ES SALAAM - Hampir sepekan setelah seorang pejabat daerah menyerukan penindakan keras terhadap kaum gay yang tinggal di Dar es Salaam, kota terbesar di Tanzania, pemerintah pusat Tanzania menjaga jarak dari kebijakan itu.

Paul Makonda, seorang komisioner regional di Dar es Salaam, meminta masyarakat untuk mengirim nama orang-orang yang diduga gay agar sebuah gugus tugas bisa melacak dan menangkap mereka. Ratusan nama telah diajukan sejauh ini, menurut Makonda.

BACA JUGA: Gubernur di Tanzania Bentuk Regu Anti-Gay untuk Buru Komunitas LGBT

Dalam sebuah pernyataan dalam bahasa Swahili yang dirilis di situs Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Afrika Timur, pemerintah mengatakan seruan Makonda itu hanya opininya dan tidak mencerminkan sikap resmi negara.

Dalam pernyataan itu, Kementerian Luar Negeri juga mengatakan pemerintah akan "terus menghormati semua perjanjian internasional mengenai HAM yang telah ditandatangani dan diratifikasi."

Tapi pernyataan itu tidak mengecam pernyataan Makonda atau menanggapi apakah penangkapan, yang akan dimulai Senin (5/11), akan dihentikan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini