nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kereta Tambang Australia Melaju dengan Kecepatan 110 KM Tanpa Masinis

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 07 18 1974623 kereta-tambang-australia-melaju-dengan-kecepatan-110-km-tanpa-masinis-AW8QE1hWk6.jpg Foto: Reuters.

PERTH - Sebuah kereta api cepat yang berisi bijih besi harus dipaksa keluar jalur dari jarak jauh setelah melaju di pedalaman Australia selama hampir satu jam tanpa pengemudi.

Kereta 268 gerbong itu memulai perjalanan solonya ketika masinisnya turun dari ruang kemudi untuk melakukan inspeksi. Kereta itu kemudian segera meluncur dengan kecepatan sekira 110 kilometer per jam.

Perusahaan pertambangan raksasa BHP yang memiliki kereta dengan empat lokomotif itu memutuskan untuk menggelincirkannya sebelum kereta mencapai Kota Port Hedland, di dekat daerah Pilbara, Australia Barat. Kereta itu tergelincir keluar jalur, merusak rel kereta sepanjang sekira 1.500 meter, tetapi tidak melukai siapa pun.

Foto-foto udara yang diterbitkan oleh The West Australian menunjukkan jejak puing-puing kereta, dengan beberapa gerbong tertutupi oleh muatan bijih besi.

Berdasarkan keterangan BHP yang dilansir AFP, Rabu (7/11/2018), proses evakuasi kereta dan perbaikan rel, yang merupakan rute penting bagi fasilitas pertambangan raksasa milik perusahaan tersebut, membutuhkan waktu sekira sepekan. Meski begitu, BHP mengatakan, perusahaan akan menggunakan cadangan sehingga suplai tidak akan terganggu.

Biro Keamanan Transportasi Australia mengatakan sedang melakukan penyelidikan terkait insiden Senin. Tidak ada indikasi mengenai apa yang menyebabkan kereta tersebut bergerak tanpa masinisnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini