nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bianglala Terbalik, Wawali Yogyakarta Minta Wahana Permainan Dihentikan Sampai Ada Jaminan Keselamatan

Kuntadi, Jurnalis · Senin 12 November 2018 12:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 12 510 1976609 bianglala-terbalik-wawali-yogyakarta-minta-wahana-permainan-dihentikan-sampai-ada-jaminan-keselamatan-8Dut8jJyit.jpg Insiden bianglala di Pasar Malam Sekaten (Foto : harianjogja.com)

YOGYAKARTA – Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta semua permainan di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) memberikan jaminan keamanan kepada Pemkot Yogyakarta. Untuk sementara, wahana bianglala dihentikan sementara sampai pengelola mampu meyakinkan aspek keamanan.

“Kami sudah minta penyelenggara ke sana untuk mengecek,” jelas Heroe saat dihubungi, Senin (12/11/2018).

Pascakejadian itu, kata Wawali, pihaknya langsung minta kepada panitia untuk segera menghentikan wahana permainan. Wahana ini baru bisa dibuka kembali sampai benar-benar tidak ada permasalahan lagi. Di sinilah pengelola harus bisa memberikan keyakinan jika permainan mereka aman.

“Kalau tidak ada jaminan aman jangan dioperasionalkan. Itu harus dihentikan dulu,” terang Heroe.

Disinggung masih apa perlu adanya jaminan seperti asuransi, Heroe melihat itu sebagai bagian sebuah tanggung jawab dan jaminan keamanan. Semua pengola wahana yang mengalami kecelakaan sehingga menimbulkan korban luka harus bertanggungjawab penuh, baik dari biaya perawatan sampai pengobatan.

(Baca Juga : Imbas Insiden Bianglala, Seluruh Wahana Permainan di Pasar Malam Sekaten Dihentikan)

“Saya rasa itu bagian bagian dari jaminan apa yang dipakai untuk yakinkan mereka bisa bisa beroperasi,” terangnya.

Heroe berharap kejadian semalam merupakan peristiwa yang terakhir kali. Jangan sampai ada kecelakaan yang terjadi karena kecerobohan. Apalagi permainan ini ada setiap tahun dan tidak pernah ada masalah.

(Baca Juga : Bermasalah Padahal Masih Baru, Kabin Bianglala Sekaten Langsung Dibongkar)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini